ANALISIS KARYA BATIK A. MATTAROPURA HUSAIN

Aulia Evawani Nurdin(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v5i1.21378

Abstract


Batik merupakan salah satu unsur budaya bangsa Indonesia yang masih bertahan dan mengalami perkembangan yang sangat pesat dewasa ini. Selama ini batik telah menunjukkan eksistensinya dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, dengan berbagai motif dan ragam batik yang tumbuh seiring dengan ciri khas setiap daerah yang mengembangkannya. Sulawesi Selatan memiliki keanekaragaman ragam hias yang dapat diterapkan menjadi karya batik. Batik di Sulawesi Selatan sudah cukup dikenal, namun masih sedikit yang dapat menerangkan proses pembuatannya sehingga perkembangan pembuatan batik di masyarakat Sulawesi Selatan masih dikatakan sangat sedikit. A. Mattaropura Husain merupakan pembatik yang berasal dari Sulawesi Selatan yang menerapkan berbagai macam ragam hias, beberapa karya beliau bermuatan motif Sulawesi Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang penciptaan karya batik A. Mattaropura Husain. dan motif pada karya batik A. Mattaropura Husain. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dukomentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan kecintaan beliau terhadap Sulawesi Selatan terlihat pada karya batik yang diciptakannya bermuatan lokal Sulawesi Selatan. Setiap motif yang tercipta cenderung terlahir secara spontan dari hati dan pikiran beliau. Karya yang beliau ciptakan terbuat dari bahan kain sutera dan katun dengan teknik batik tulis. Karya yang diciptakan tersebut bermuatan motif Sulawesi Selatan yaitu motif Bugis, Makassar dan Toraja. Motif tersebut antara lain Sulapa Appa, Paqbombo Uai, Paq Don Lambiri, Swastika, Paqtedong dan lain-lain.


Keywords


batik; Sulawesi Selatan; motif

Full Text:

PDF

References


Azis Said, Abd et al. (2009). Pengembangan Produk Akhir Kain Tenun Sutera Berbasis Budaya Lokal, (Laporan Hasil Penelitian Strategi Nasional), DIPA Universitas Negeri Makassar.

Departemen Perindustrian. Teknik Membuat Batik Tradisional dan Batik Modern.

Hamzuri. (1981). Batik Klasik. Jakarta: Djambatan.

Kusrianto, Adi. (2013). Batik. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Muhaemin, M., & Lugis, M. (2020). Desain Ragam Hias Pada Makam We Pattekke Tana Di Kabupaten Barru. Jurnal Pakarena, 3(2), 75-81. doi:https://doi.org/10.26858/p.v3i2.13063

Nurdin, Aulia Evawani. (2016). Modul Pembelajaran Batik Ikat Celup. Makassar: PPs UNM.

Sande, J.S. (1989). Toraja In Carving. Ujung Pandang.

Wulandari, Ari. (2011). Batik Nusantara. Yogyakarta: CV Andi Offset.


Article Metrics

Abstract view : 85 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL IMAJINASI



Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Imajinasi indexed by