Penerapan Zat Pewarna Alami Limbah Organik Kulit Rambutan (Nephelium Lappaceum) Pada Bahan Katun Dengan Teknik Shibori (Tie Dyes) Dan Batik

RA. Ataswarin Oetopo(1), Caecilia Tridjata Suprabanindya(2), Ririn Despriliani(3), Fariz Al Hazmi(4*),

(1) universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(4) Institut Seni Indonesia Yogyakarta
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v5i1.20322

Abstract


Kulit Rambutan merupakan salah satu limbah organik yang belum dimanfaatkan secara optimal. Dalam permasalahan lingkungan, sampah organik juga menjadi permasalahan saat ini. Meskipun sampah organik merupakan limbah yang dapat terurai, akan tetapi limbah organik juga perlu dikelola agar penumpukannya dapat terkendali dan tidak mencemari lingkungan. Tujuan Penlitian yaitu untuk menganalisis hasil formula zat warna alami yang dihasilkan dari limbah kulit rambutan terhadap penerapannya pada kain dengan teknik Shibori (Tie dye) dan Batik. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu dengan mengeksplorasi warna yang dihasilkan oleh larutan limbah organik kulit rambutan pada karya tekstil, dengan melakukan uji coba tehadap bahan kain katun dan berbagai larutan fiksasi yang digunakan, seperti larutan tawas (KAI(SO4)212H2O), kapur (Ca(OH)2) dan Tunjung (FeSO4). Uji coba juga dilakukan terhadap teknik dalam membuat motif, seperti shibori (tie dye) dan batik. Hasil menunjukan bahwa limbah kulit rambutan menghasilkan larutan yang dapat digunanan sebagai pewarna alami dan dapat diaplikasikan kedalam beragam teknik shibori (tie dye)  dan batik dengan fiksasi tawas yang memiliki nilai kualitas lebih baik dibanding menggunakan fiksasi tunjung dan kapur, sehingga dapat menjadi sebuah media  dalam berkreasi seni khususnya pada bidang tekstil.


Keywords


Zat Pewarna Alam; Kulit Rambutan; Shibori; Batik

Full Text:

PDF PDF

References


Amalia, Rizka dan Iqbal Akhtamimi, 2016. Studi Pengaruh Jenis Dan Konsentrasi Zat Fiksasi Terhadap Kualitas Warna Kain Batik Dengan Pewarna Alam Limbah Kulit Buah Rambutan (Nephelium lappaceum). Jurnal Dinamika Kerajinan dan Batik, Vol. 33, No.2, Hal. 85- 92.

Batool, Fatimah et all. 2019.” Sustainable Dyeing of Cotton Fabric Using Black Carrot (Daucus carota L.) Plant Residue as a Source of Natural Colorant”. J. Environ. Stud. Vol. 28, No. 5.

Darsih, Cici dkk. 2019. “Dyeing Of Cotton Fabric With Natural Dye From Cudrania Javanensis Using Soka (Ixora Javanica) Leaves Extract As Bio-Mordant”. Dinamika Kerajinan dan Batik: Majalah Ilmiah, Vol. 36 No. 2, Hal 105-112.

Dolca, Cristina. 2018.”Textiles Coloured With Natural Dyes of Vegetal Origin”. Scientific Bulletin of North University Center of Baia Mare, Volume XXXII No. 2

Handayani, Prima Astuti dan Ivon Maulana. 2013. “Pewarna Alami Batik Dari Kulit Soga Tingi(Ceriops Tagal) Dengan Metode Ekstraksi”. Jurnal Bahan Alam Terbarukan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Purwendro, S. Nurhidayat. 2006. Mengolah Sampah Untuk Pupuk Pestisida Organik. Jakarta: Penebar Swadaya.

R, Singh and Srivastava S. 2015. “Exploration Of Flower Based Natural Dyes - A Review”. Research Journal of Recent Sciences, Vol. 4, 6-8.

Setiawati, Puspita. 2004. Kupas Tuntas Teknik Proses Membatik Dilengkapi Teknik Menyablon. Yogyakarta: Absolut.

Suheryanto, Dwi. 2017. NATURAL DYES – Ensiklopedia Zat Warna Alami Dari Tumbuhan Untuk Industri Batik. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Suwantara, Dermawati dkk. 2018. Eksplorasi Teknik Shibori dalam Pengembangan Desain Motif Tradisional Indonesia pada Permukaan Kain Sandang. Balai Besar Tekstil; Bandung.

Suyoto, Bagong. 2008. Fenomena Gerakan Mengelola Sampah. Jakarta: PT Prima Media.

Whardani, Cut Kamaril dan Ratna Pangabean. 2005. TEKSTIL Buku Pelajaran Kesenian Nusantara untuk Kelas VII. Jakarta: Lembaga Pendidikan Seni Nusantara.


Article Metrics

Abstract view : 1251 times | PDF view : 2 times PDF view : 2 times

Refbacks



Copyright (c) 2021 JURNAL IMAJINASI



Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by