PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DESTINASI WISATA KAWASAN TELUK YOUTEFA KOTA JAYAPURA

Anita Karunia(1*), Alimuddin Alimuddin(2), Nurabdiansyah Nurabdiansyah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v4i2.17289

Abstract


Perancangan ini bertujuan untuk menciptakan identitas visual baru yang menarik, konsisten dan sesuai dengan citra yang ingin dibangun Teluk Youtefa sebagai salah satu cara dalam pengembangan destinasi wisata di Kota Jayapura serta diterapkan pada graphic standard manual, stationery, dan gifts/merchandise agar dapat digunakan sebagai media identifikasi media promosi wisata. Data yang digali dalam penelitian ini mencakup teori desain terkait merancang logo serta teori warna, tipografi, brand, branding, identitas visual, brand awareness, serta data teluk youtefa berupa pedoman wawancara dan pedoman observasi. Data diperoleh diteliti menggunakan metode kualitatif, analisis SWOT, dan analisis STP. Logo dari Teluk Youtefa menampilkan visualisasi yang memperkenalkan  nilai budaya dan keindahan alam kepada para wisatawannya, oleh karena itu identitas visual di desain agar memiliki kesan menyenangkan, dan tidak terlepas dari unsur alam dan budaya suku tobati dan enggros. Hasil perancangan identitas visual ini adalah logo dengan menggunakan media utama berupaGraphic Standard manual sebagai buku panduan yang berisi aturan serta penggunaan identitas visual Youtefa dan mencakup logo, warna dan tipografi, juga penerapannya pada media. Logo dari hasil Perancangan Identitas Visual Kawasan Teluk Youtefa kemudian diaplikasikan ke dalam media pendukung sebagai media promosi, media komunikasi pendukung terdiri dari Stationary dan Gift/ Merchandise.


Keywords


Branding; Visual Identity; Design; Logo; Kawasan Teluk Youtefa.

Full Text:

PDF

References


Al-Bahra Bin Ladjamudin. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ariando, Valdo. (2015). Destination Branding Kepulauan Seribu: Studi Kasus Destination Branding Kepulauan Seribu Dalam Upaya Mengembangkan Destinasi Wisata Bahari Internasional. Yogyakarta:UGM-Ilmu Komunikasi (S1)

Bara, A. P. 2017. Perancangan Brand Identity Home Spa Laksmi Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness .

Budelmann, K., Kim, Y., & Wozniak, C. 2010. Brand Identity Essentials. Massachusetts: Rockport Publishers.

Bungin, Burhan. (2015). Komunikasi Pariwisata (Pemasaran Dan Brand Destinasi). Cetakan ke-1. Jakarta: Prenadamedia Group.

Hall, S. 2007. This Means This, This Means That a User Guide to Semiotics. London: Laurence King Publishing Ltd.

Keller, K. L. 2003. Building, Measuring and Managing Brand Equity. In

Strategic brand management. New Delhi: Prentice Hall.

Landa, R. 2011. Graphic Design Solutions, Fourth Edition . Boston: Clark Baxter.

Lupton, E. (2010). Thinking With Type. New York: Princeton Architectural Press.

Masdalia, L. 2018. In S. D. Jayapura. Jayapura: Badan Pusat Statistik Kota Jayapura.

Nöth, W. 1990. Handbook of Semiotics. Library of Congress.

Papua, W. (2016). Wisata Alam Teluk Youtefa. Retrieved Oktober 18, 2019, from Wisata Papua: http://www.wisatapapua.com/2014/03/wisata-taman-wisata-alam-teluk-youtefa.html

Pendit. S, Nyoman. 1999. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: Pradnya Paramita.

Risitano, Marcello. (2005). The Role Of Destination In The Tourism Stakeholders System (The Campi Flegrei Case). University of Naples Federico II, Italy: Department of Business Management, Faculty of Economics.

Rustan, S. 2013. Mendesain Logo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Said, A. A. (2006). Dasar Desain Dwimatra. Makassar: Badan Penerbit UNM Makassar.

Tanuatmadja, Y., Swandi, I. W., & Raditya, A. 2014. Perancangan Branding ”Marilyn’s Cake” Surabaya.

Tinarbuko, Sumbo. (2012). Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. 1-5.

Wesfix, T. 2017. Branding itu Dipraktekin. Jakarta: PT. Grasindo.

Willen, B., & Strals, N. (2009). Lettering & Type. New York: Princeton

Architectural Press.

Wheeler, Alina. (2013). Designing Brand Identity : An essential guide for the whole branding team. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Wheeler, Alina. (2006). Designing Brand Identity : A Complete Guide to Creating, Building, and Maintaining Strong Brands. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Wheeler, A. 2009. Designing Brand Identity. New Jersey: John Wiley & Sons.


Article Metrics

Abstract view : 311 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL IMAJINASI



Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by