PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SENI RUPA KOMPETENSI DESAIN POSTER UNTUK SMA

Nurfadilah Nurfadilah(1*), Irfan Arifin(2), Abd Aziz Ahmad(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v3i1.14115

Abstract


Penelitian ini bertujuan: untuk membuat modul pembelajaran desain poster yang mengacu pada model pengembangan 4-D. Modul ini diperuntukkan bagi siswa Sekolah Menengah Atas, berisi materi tentang teknik mendesain poster. Responden yang terlibat pada penelitian pengembangan ini adalah 2 (dua) orang yaitu ahli materi dan ahli media. Data yang digali dalam penelitian ini adalah data validasi dari dosen ahli materi dan ahli media berupa aspek isi materi, aspek tampilan sampul (cover), dan aspek tampilan isi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang dikonversikan ke data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh dari validasi ahli terhadap aspek isi, aspek tampilan sampul (cover), dan aspek tampilan isi pada modul yang dikembangkan keseluruhan masuk dalam kategori bagus dan jelas, dengan rata-rata nilai aspek isi 4.43 atau 34,1%, aspek tampilan sampul 4.14 atau 31.8%, dan aspek tampilan isi 4.13 atau 34.1% yang jika dikonverskan dari rata-ratanya 4.23 untuk keseluruhan aspek modul mendapat nilai B dengan ketegori  “Jelas dan Bagus”. Sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan, yaitu jika hasil penilaian ahli materi dan media dinyatakan baik maka produk yang dikembangkan telah memenuhi persyaratan dan layak digunakan sebagai media pembelajaran desain poster untuk siswa Sekolah Menengah Atas. 


Keywords


Pengembangan; Modul; Pembelajaran; Desain Poster

Full Text:

PDF

References


Adityawan, A. 2010. Tinjauan Desain Grafis. Jakarta: Concept Media.

ARIFIN, I. (2011). Memahami Alur Kerja Produk Cetak (Paket Pembelajaran Buklet Elektronik Bagi Mahasiswa Peserta Mata Kuliah Grafika Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar)(Doctoral dissertation, Pascasarjana).

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Danim, S. 2010. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Haling, A. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Irfan, I. (2015). PERPADUAN ELEMEN-ELEMEN DESAIN PADA KARYA DESAIN POSTER MAHASISWA (Studi kasus pada Tugas poster mata kuliah Penulisan naskah Iklan DKV FSD UNM angkatan 2011). Tanra, 2(02), 54-68.

Nasution, S. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Putra, N. 2015. Research & Development. Jakarta: Rajawali Pers.

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sadiman, Arief S. dkk. 2009. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Sarwono, J. & Lubis, H. 2007.Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: C.V Andi

Soebandi, B. 2008. Model Pembelajaran dan Apresiasi Seni Rupa. Solo: Maulana Offset.sa

Sukmadinata, N.S. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Vembriarto. (1976). Pengantar Pengajaran Modul. Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Paramita.


Article Metrics

Abstract view : 829 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL IMAJINASI



Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by