PERANCANGAN IKLAN MOTION GRAPHIC WISATA TANJUNG BIRA KABUPATEN BULUKUMBA

Muhammad Yunus(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v2i1.14111

Abstract


Iklan merupakan salah satu instrumen penting yang ikut berperan dalam mempromosikan keberadaan potensi wisata kepada publik. Iklan mempunyai peran penting dalam bidang pemasaran dan publikasi kepada masyarakat. Tujuan dari pembuatan iklan wisata motion graphic ini adalah mendokumentasikan dan sekaligus media informasi untuk mempromosikan potensi wisata di Kabupaten Bulukumba, khususnya mengenai wisata Pantai Tanjung Bira, Kecamatan Bonto Bahari. Metode yang digunakan dalam pembuatan iklan wisata di Bulukumba penulis mengumpulkan data dengan teknik observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan analisis desain komunikasi viusal. Iklan video motion graphic dirancang menggunakan berbagai aplikasi, seperti Corel Draw X7, Adobe After Effects CS6. Yang menghasilkan Iklan wisata Tanjung Bira Kabupaten Bululmba dengan durasi 2 menit 57 detik yang menampilkan informasi grafis Gerbang wisata Tanjung Bira, pantai yang berpasir putih, dan berbagai fasilitas-fasilitas serta akomodasi didalam tempat wisata. Manfaat dari pembuatan iklan wisata ini adalah untuk memperkenalkan sejarah, tradisi, dan budaya kota Bulukumba yang dapat digunakan sebagai media informasi bagi masyarakat. Penelitian


Keywords


Iklan; Motion; Graphic; Wisata; Tanjung Bira

Full Text:

PDF

References


Dafi Deff Motion Graphics. (n.d.). Motion Graphic dan Cara Membuatnya. Retrieved from https://www.dafideff.com/ website: https://www.dafideff.com/2016/01/pengertian-motion-graphics-dan-cara-membuatnya.html

Kasali, R. (1992). Manajemen periklanan konsep dan aplikasinya di Indonesia. Pustaka Utama Grafiti.

Monle, L., & Johnson, C. (2007). Prinsip-prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global. Edisi Pertama, Penerbit Kencana Prenada Media Grup Jakarta.

Pujiyanto. (2013). Iklan Layanan Masyarakat. Yogyakarta: Andi.

Ruslan, A. (2016). Animasi Perkembangan dan Konsepnya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Yoety, O. A. (2008). Ekonomi pariwisata: introduksi, informasi, dan aplikasi. Penerbit Buku Kompas.


Article Metrics

Abstract view : 892 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL IMAJINASI



Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by