PERANCANGAN BRAND IDENTITY JALANGKOTE LAHALEDE

Ronal Edy Tai(1*), Abdul Azis Said(2), Alimuddin Alimuddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v1i2.13746

Abstract


Perancangan ini bertujuan menciptakan sebuah brand identity atau merek yang memudahkan pengembangan produk, menambah nilai jual serta menjadi investasi masa depan usaha kuliner Jalangkote Lahalede. Memperkenalkan identitas baru dari usaha kuliner Jalangkote Lahalede kepada masyarakat khususnya target audiens. Merancang Media Komunikasi Visual yang aktraktif dan beridentitas serta Menciptakan differensiasi yang jelas, mengapa merek dari usaha kuliner Jalangkote Lahalede berbeda dibandingkan dengan usaha kuliner sejenis di pasaran. Melalui Perancangan Brand Identity Jalangkote Lahalede, penulis menggunakan metode perancangan yang yakni merupakan tahapan atau proses desain secara ilmiah, logis, sistematis, dan prosedural. Penelitian diawali dengan kegiatan observasi langsung pada internal perusahaan, terkhusus data mengenai produk jalangkote kemudian dilanjutkan sesi wawancara pemilik perusahaan mengenai asal usul sampai visi misi perusahaan Jalangkote Lahalede. Penelitian selanjutnya dengan melakukan riset dokumentasi mengenai karakteristik kebudayaan setempat yakni Suku Bugis, berfokus pada benda-benda budaya yang khas. Analisa kompetitor sejenis dan target audiens juga menjadi fokus penulis selama proses perancangan berlangsung untuk menghadirkan positioning dan differensiasi dalam proses pengenalan merek. Selanjutnya Bentuk perancangan menerapkan proses stilasi untuk membangun desain yang terintegrasi dengan memenuhi prinsip-prinsip desain diantaranya memiliki kesatuan/unity dan irama/ritme, dilanjutkan dengan penerapan gaya desain yang mengadopsi gaya desain formal/statis tapi tetap terlihat dinamis. Hasil perancangan mencakup beberapa hal yakni penciptaan brandmark, brandname beserta tagline yang saling berkaitan dan berkesinambungan dalam strategi pengenalan merek/brand identity Jalangkote Lahalede di Kota Parepare. Pengadaan Media Komunikasi Visual yang tidak lepas dari kekuatan visual dari bentuk dan eksistensi karakter khas produk dan budaya Suku Bugis serta fungsi praktis dan simbolik pada media utama maupun pendukung.


Keywords


Brand Identity; Jalangkote Lahalede; Media; Komunikasi; Visual

Full Text:

PDF

References


Ahmad, A., Noor, S. M., & Wel, C. A. C. (2014). Factors influencing consumers’ purchase decision of private label brand products. International Journal of Economic Practices and Theories, 4(2), 101–110.

Alina, W. (2009). Designing brand identity. Jakarta: John Wiley and Sons Inc.

Arslan, M., & Zaman, R. (2015). Impact of Brand Image and Service Quality on Consumer Purchase Intentions. A Study of Retail Stores in Pakistan. GRIN Verlag.

Malik, M. E., Ghafoor, M. M., Iqbal, H. K., Ali, Q., Hunbal, H., Noman, M., & Ahmad, B. (2013). Impact of brand image and advertisement on consumer buying behavior. World Applied Sciences Journal, 23(1), 117–122.

Permana, I. (2013). Brand is like a donut. Bhuana Ilmu Populer.

Prayoga, D. (2015). Perancangan Visual Branding Dan Promosi Distro Muslim Dzikro Di Kota Solo.

Said, A. A. (2006). Dimensi Warna.

Setiawan, M. F. (2013). Analisa pengaruh food quality dan brand image terhadap keputusan pembelian roti kecik toko roti Ganep’s di Kota Solo. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(1).

Soebiantoro, A., Sasongko, H., & Wijayanto, J. (2013). Merek Indonesia harus bisa. Elex Media Komputindo.


Article Metrics

Abstract view : 302 times | PDF view : 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL IMAJINASI



Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by