CERAPAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR TERHADAP SENSASI RUANG PADA KARYA SENI LUKIS MODERN NONREPRESENTATIF

Sukarman B(1*), Agussalim Djirong(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v3i2.13039

Abstract


Penelitian ini berjudul ” Cerapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Makassar terhadap Sensasi Ruang pada Karya Seni Lukis Modern Nonrepresentatif”. Penelitian ini Pemikiran dilatarbelakangi berkembangnya karya seni lukis modern nonrepresentatif yang jauh dari representasi keadaan alam, yang sering membuat publik kesulitan untuk menikmatinya, terutama oleh publik awam, meskipun karya-karya tersebut tergolong karya seni bermutu. Fenomena ini juga terjadi di kalangan mahasiswa meskipun mereka telah dibekali banyak pengetahuan tentang seni lukis modern serta banyak melakukan aktivitas seni. Seni lukis modern nonrepresentatif dalam perkembangannya banyak menunjukkan pertimbangan ruang yang matang bersama unsur-unsur visual lainnya dalam mengeksplor kesan-kesan artistik. Masalah penelitian adalah “Bagaimanakah daya cerap mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Makassar terhadap sensasi ruang pada karya seni lukis modern”. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui dan menggambarkan kondisi riil daya cerap mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Makassar terhadap sensasi ruang pada karya seni, dan secara khusus terhadap karya seni lukis modern nonrepresentatif. Manfaat penelitian ini adalah (1) diperoleh informasi yang akurat mengenai kondisi nyata  daya cerap mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Makassar terhadap sensasi ruang pada karya seni lukis modern nonrepresentatif, yang sekaligus menggambarkan daya cerap terhadap sensasi ruang pada karya seni secara umum; (2) memberikan gambaran keberhasilan pembelajaran yang dilakukan selama ini terhadap mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Makassar, terutama pembelajaran yang terkait, yang dapat dijadikan masukan untuk pengembangan sistem pembelajaran. Data dikumpulkan melalui tes apresiasi. kemudian diolah dan dianalisis dengan teknik persentase kemudian diinterpretasi secara kualitatif.


Keywords


Cerapan; Seni Lukis; Moderen; Nonrepresentatif

Full Text:

PDF PDF

References


Bevlin, Majorie Elliot, 1980: Design Through Discovery, Holt, Rinegart and Winston, New York Chichago San Francisco Atlanta Dallas Montreal Toronto London Sydney.

Sobandi, Bandi, 2008: Model Pembelajaran Kritik dan Apresiasi Seni Rupa, Jurusan Pendidikan Seni Rupa FBS-UPI,Dirjen Pendidikan Tinggi.

Soedarso SP, 1991: Beberapa Catatan tentang Perkembangan Kesenian Kita, BP ISI Yogyakarta.

Soedarso SP, 2000: Sejarah Perkembangan Seni Rupa Modern, CV. Studio Delapan Puluh Enterprice bekerja sama dengan Badan Penerbit ISI Yogyakarta, Jakarta.

Sofyan Salam, 2000: Seni Rupa Mimesis dan Modern/Kontemporer di Sulawesi Selatan (Sebuah Pengantar tentang Perjalanan dan Persoalannya), Dewan Kesenian Sulawesi Selatan, Makassar.

Taufan Hidjaz, 2004: Terbentuknya Citra dalam Konteks Suasana Ruang dalam Jurnal Dimensi Interior, Jurusan Desain Interior Fakultas Seni dan Desain Universitas Keristen Petra, Surabaya

Wong, Wucius, Beberapa Asas Merancang Dwimatra, Penerbit ITB Bandung, 1986

http://astudioarchitect.com/2009/08/diskusi-tentang-ruang-dalam-ruang-angan.html.


Article Metrics

Abstract view : 47 times | PDF view : 5 times PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL IMAJINASI



Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Imajinasi indexed by