STUDI TENTANG PEMBUATAN DESAIN MOTIF BATIKLONTARA.COM

Maghfira Maulani Patappa(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v3i2.13038

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan desain motif dan penerapan unsur dan prinsip desain dalam pembuatan desain motif Batiklontara.com. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif tentang pembuatan desain motif Batiklontara.com. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Penelitian ini berfokus pada proses pembuatan desain Batiklontara.com dengan memperhatikan unsur dan prinsip desain dalam proses pembuatannya, dengan memperoleh informasi dari Rachmat Nurfansyah, pemilik Batiklontara.com, dan desainer Batiklontara.com, Mustakim dan Darmadi. Adapun data yang dihasilkan adalah proses pembuatan desain motif Batiklontara.com memiliki 2 proses, yaitu dengan metode manual dan metode desain grafis. Proses pembuatan dengan menggunakan metode manual diawali dengan proses pembuatan sketsa awal, kemudian sketsa di scan menjadi bentuk file gambar, lalu digambar kembali menggunakan pen tablet melalui software Adobe Illustrator CC. setelah file diubah ke dalam bentuk vektor, ekspor file gambar tersebut ke dalam software Coreldraw X8 untuk penyusunan komposisi gambar pada kain batik. Setelah itu, desain yang sudah dikomposisikan kemudian memasuki proses pewarnaan. Desain yang telah jadi kemudian diaplikasikan ke dalam bentuk mockup menggunakan software Adobe Photoshop CC. Adapun proses pembuatan menggunakan metode desain grafis memiliki perbedaan hanya di bagian pembuatan sketsa awal. Selebihnya cara dan prosesnya sama saja. Unsur desain yang diterapkan dalam proses pembuatan desain motif Batiklontara.com yaitu garis, contohnya seperti garis lengkung, garis lurus, garis diagonal, garis gradasi, garis putus-putus, garis diagonal, garis zigzag dan garis vertikal. bidang, dan warna. Sedangkan prinsip desain yang diterapkan dalam proses pembuatan desain yaitu prinsip keseimbangan, tekanan, irama, dan kesatuan.


Keywords


desain; motif; batiklontara

Full Text:

PDF PDF

References


Alex Verawati Herman, Asniar, Aji Pramuko. 2015. E-Proceeding of Applied Science: Vol.1, No. 3. Aplikasi Aksara Lontara Makassar Berbasis Android.(Online)https://www.google.com/url?q=https://openlibrarytelkomuniversity.ac.id/pustaka/files/104327/jurnal_eproc/aplikasi-aksara-lontara-makassar-berbasis-android.pdf. Bandung: Universitas Telkom (diakses tanggal 29 Desember 2017).

Anggiasari, Yunita. 2015. “Batik Gringsing Kebumen”.Skripsi/Tidak diterbitkan.(Online) https://eprints.uny.ac.id/23305/ Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta (diakses tanggal 29 Desember 2017).

Bimantara, Rizqi Ilzha. 2017. Aksara Lontara. (Online), https://id.wikipedia.org/wiki/Aksara_Lontara(diakses tanggal 29 Desember 2017).

Bogdam, Robert dan Taylor. 1992. Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Terjemahan oleh Arief Ruchan. Surabaya: Usaha Nasional.

Casofa Fachmy, Isa Alib. 2013. Gerbang Kreativitas: Jagat Desain Grafis. Jakarta: Bumi Aksara.

Darsono. 2004. Seni Rupa Modern. Bandung: Rekayasa Sains.

Dofa, Anesia Aryunda. 1996. Batik Indonesia. Jakarta: Golden Terayon Press.

Gurbanatara, Arian. 2016. Keberagaman Indonesia (Online) https://www.kompasiana.com/arian.gurbantara/keragaman-indonesia (diakses tanggal 5 November 2017).

H.B. Sutopo. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapannya. Surakarta: UNS Press.

Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: GP Press.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). 2008. Luar Jaringan (offline). Jakarta. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional

Kirk J, Miller M.L. 1986. Reliability and Validity in Qualitative Research. Beverly Hills, CA: Sage Publications.

Moleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nursantara, Yayat. 2004. Kesenian Seni Rupa, Musik, Tari, dan Drama. Jakarta: Erlangga.

Pabundu Tika, Moh. 1997. Metode Penelitian Geografi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Prawira, Sulasmi Darma. 1989. Warna sebagai Salah Satu Unsur Seni dan Desain. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Proyek Pengembangan Lembaga Tenaga Kependidikan.

Purnomo, Heri. 2004. Nirmana, Dwimatra. Diktat. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Seni Rupa dan Keterampilan Kerajinan, Fakultas Bahasa dan Seni, UNY.

Sa’du, Abdul Aziz. 2013. Buku Praktis: Mengenal dan Membuat Batik. Yogyakarta: Pustaka Santri.

Sachari Agus, Sunarya Yan Yan. 1998. Modernisme: Tinjauan Historis Desain Modern. Bandung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Said, Abdul Azis. 2006. Dasar Desain Dwimatra. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Sewan, Susanto. 1973. Seni Kerajinan Batik Indonesia. Jakarta: Balai Penelitian Batik dan Kerajinan, Lembaga Penelitian dan Pendidikan Industri, Departemen Perindustrian.

Sipahelut Atisah, Petrussumadi. 1991. Dasar-Dasar Desain. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA

Suhersono, Heri. 2004. Desain Bordir Motif Flora dan Dekoratif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Untoro, Bambang. 1979. Pola-pola Batik dan Pewarnaan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Utami, Anadia Natasyah. 2016. “Batik Makassar”.Skripsi/Tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Wulandari, Ari. 2011. Batik Nusantara, Makna Simbolik (Cara Pembuatan, dan Industri Batik). Yogyakarta: CV. Andi Offset.


Article Metrics

Abstract view : 48 times | PDF view : 8 times PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL IMAJINASI



Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Imajinasi indexed by