PERANCANGAN SONGKOK GURU KABUPATEN TAKALAR

Mustakim Mustakim(1*), Aswar Aswar(2), Nurabdiansyah Nurabdiansyah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v3i1.12085

Abstract


Songkok guru merupakan produk anyaman traditional khas Kabupaten Takalar khususnya di desa
Bontokassi Kecamatan Galesong Selatan. Permasalahan yang terjadi pada produk tersebut adalah
tidak memiliki kemasan pada saat produk dijual/didistribusikan. Hal itulah yang mendasari
perancangan kemasan ini, bertujuan untuk menghasilkan kemasan yang berguna bagi pengrajin
dan memiliki nilai jual yang lebih dari sebelumnya karna proses pengerjaan produk yang cukup
lama dengan penuh ketelitian. Kemasan ini dilandasi dengan konsep maskulin dan nature. Karena
maskulin menunjukkan sifat laki-laki (gagah, kekar, lebih berfikir secara logika daripada
perasaan) seperti yang kita ketahui bahwa songkok guru ini hanya digunakan oleh pria dewasa
diantaranya oleh para bangsawan yang memiliki derajat tinggi. Sedangkan nature artinya alam
dimana bahan produk songkok guru yang digunakan dari serat pelepah pohon lontar (dari alam)
dan juga nantinya akan menggunakan bahan kemasan dari daun lontar. Dari konsep itu diharapkan
penulis dapat menciptakan kemasan yang efektif dan berguna bagi pengrajin. Manfaat
perancangan ini yaitu sebagai bentuk strategi yang efektif untuk menambah minat konsumen
terhadap produk songkok guru serta memiliki harga jual yang lebih tinggi dari sebelumnya. Selain
itu, untuk menjaga kualitas produk pada saat dibeli oleh konsumen dibeli atau pada saat
didistribusikan.


Keywords


songkok guru; tradisional; kemasan

Full Text:

PDF

References


Aulia, R. (2017). ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI PENGRAJIN ANYAMAN SERAT LONTAR SONGKOK GURU DI DESA BONTOKASSI KECAMATAN GALESONG SELATAN KABUPATEN TAKALAR. 1-94. Dipetik Januari 10, 2018, dari http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5523/1/RISKA%20AULIA_opt.pdf

Cenadi, C. S. (2009). PERANAN DESAIN KEMASAN DALAM DUNIA PEMASARAN. II(1), 91-103. Dipetik Januari 9, 2018, dari http://ema606.weblog.esaunggul.ac.id/wp-content/uploads/sites/186/2015/02/Seminar-Manajemen-Pertemuan-7.pdf

Klimchuk, M. R., & Krasovec, S. A. (t.thn.). DESAIN KEMASAN "Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan". Ciracas, Jakarta: Erlangga.

Patria, A. S., & Mutmaniah , S. (2015). KERAJINAN ANYAM SEBAGAI PELESTARIAN KEARIFAN LOKAL. Dimensi, 12(1), 1-10. Dipetik Januari 10, 2018, dari http://download.portalgaruda.org/article.php?article=469463&val=9647&title=KERAJINAN%20ANYAM%20SEBAGAI%20PELESTARIAN%20KEARIFAN%20LOKAL

Rahmatsyam Lakoro, S. (2002). Studi Komunikasi Visual Pada Kemasan Makanan Ringan. Jurnal Idea. Dipetik Januari 9, 2018, dari http://personal.its.ac.id/files/pub/2002-ramok-Riset%20Ilustrasi%20Kemasan%20-%20jurnal%20IDEA.pdf

Said, A. A. (2014). Desain Kemasan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Sari, N. L. (2013, April). ELEMEN VISUAL KEMASAN SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PRODUK. VI, 43-52. Dipetik Maret 2, 2018, dari http://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/profetik/article/view/1175/1085


Article Metrics

Abstract view : 192 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL IMAJINASI



Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by