Persepsi Orangtua Pemulung terhadap Penyelenggaraan Sekolah Impian di Kota Makassar

Syamsu Bakhri Gaffar(1*), Latang Latang(2), Rahmawati Syam(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijses.v3i2.40851

Abstract


Abstrak. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi orangtua pemulung terhadap penyelenggaraan Sekolah Impian di Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi orangtua pemulung terhadap penyelenggaraan sekolah impian di Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi penelitian adalah orangtua pemulung yang memiliki anak usia dini yang terlibat dalam Sekolah Impian di Kota Makassar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket mengenai persepsi orangtua pemulung terhadap penyelenggaraan Sekolah Impian, dan teknik dokumentasi dengan cara mencatat dan mendokumentasikan data yang terkait dengan Sekolah Impian di Kota Makassar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi orangtua pemulung terhadap penyelenggaraan Sekolah Impian di Kota Makassar sangat membantu orangtua dalam mendidik anak-anak mereka, mengurang kecemasan terhadap masa depan anak, orangtua memiliki banyak waktu untuk melakukan aktivitas baik sebagai pemulung maupun sebagai ibu rumah tangga.

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ditjen PAUDNI, Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat. 2013. NSPK Petunjuk Teknis, Penyaluran dan Pengelolaan Bantuan Pendidikan Karakter Melalui Satuan Pendidikan Nonformal. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Duncan, Jack. W.1981. Organizational Behavior. 2nd, Boston.

Yuliana Nurani Sujiono. 2008. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Krech, David, et.al.1962. Individual in Society. Tokyo: McGraw-Hill Kogakusha, Ltd.

Luthans, Fred. 1982. Organizational Behavior. 6th Edition. Singapore: Mc. Graw-Hill International Edition.

Mar’at. 1986. Sikap Manusia Perubahan dan Pengukurannya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nimpoeno, J.S. 1991. Teori Sistem dan Model dalam Ilmu Sosial. Bandung: Pascasarjana UNPAD.

Patmonodewo, S. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;

Peraturan Pemerintah Nomor 39 tahun 1992 tentang Peranserta Masyarakat Dalam Pendidikan Nasional.

Sujana. 2001. Perencanaan Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: UPI

Umar Alimin. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Makassar: Badan Penerbit UNM

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Article Metrics

Abstract view : 130 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.