Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Melalui Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas VII.1 SMPN 49 Makassar

Ikhsan Ikhsan(1*),

(1) SMP Negeri 49 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijses.v1i2.17656

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bidang bimbingan social melalui layanan Konseling kelompok pada kelas VII.1 SMPN 49 Makassar. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap 2019/2020 dengan lokasi penelitian SMPN 49 Makassar, dimana subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII.1 yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini, dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pemberian tes dan angket pada setiap akhir siklus dan observasi pada saat proses pembelajaran berlangsung. Hasil yang diperoleh bahwa setelah dilaksanakan dua kali tes, rata-rata hasil belajar pada Siklus I adalah 69,71 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 65,71% yaitu 23 orang dari 35 Peserta didik termasuk dalam kategori tuntas dan 34,29% atau 12 orang dari 35 Peserta didik termasuk dalam kategori tidak tuntas dan pada Siklus II terjadi peningkatan yaitu 79,14 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 82,86%  atau 29 orang dari 35 peserta didik termasuk dalam kategori tuntas dan 17,14% atau 6 orang dari 35 peserta didik termasuk dalam kategori tidak tuntas. Ini berarti terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar sebanyak 9,43%  dari Siklus I ke Siklus II. Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa: Layanan Konsdeling kelompok dapat Meningkatkan Prestasi belajar peserta  didik kelas VII.1 SMPN 49 Makassar, Siklus I rata –rata sebesar  69,71 dan siklus II rata sebesar 79,14 berarti terjadi peningkatana rata-rata hasil belajar sebesar 9,43  sesudah layanan konseling kelompok diberikan pada siklus I dan siklus II

Full Text:

PDF

References


Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan, 1989, Bimbingan dan Penyuluhan, Depdikbud, Jakarta. Bagdan, R. dan Biklen, 1990, Kualitatif untuk Pendidikan : Pengantar Teori dan Metode Alih Bahasa Memandir, PAV, UT, Jakarta. Dalyono, 2005. Psikologi pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta Daryanto. 2010, Media Pembelajaran. Jakarta : Satu Nusa Djamarah, S.B. 2002, Prestasi Belajar dan Kompensi Guna, Usaha Nasional, Depdikbud, 1994, Bimbingan dan Penyuluhan SMA, Depdikbud, Jakarta.

Dewa Ketut,S. 2002, Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling, Jakarta : Rineka Cipta. Eddy, Wibowo Mungin , 2005, Konseling Kelompok Perkembangan, Semarang : Unnes Press. Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara Hopkind, D. 1985, A Teacher'S Guide to Classroom Research, Philadelpia, Open University Press, Milton Keyness.

MC. Niff, J. 1992, Action Rersearch Principles and Practice, New York Rantidge Chapment dan Hall Inc. Moh. Uzer Usman. 2006, Menjadi guru professional, Bandung : Remaja Rosda Karya Mugiarso, Heru 2007. Bimbingan dan Konseling. Semarang: UNNES PREES Nasution, S, 1992, Metode Penelitian-Naturalistik Kualitatif, Tarsito, Bandung. NDT; PPL, UNM Malang, 1993, Petunjuk Pelaksanaan PPL Keguruan IKIP Malang, Malang. Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. cet. VI; Jakarta Balai Pustaka.1984. Prayitno, 2004. Panduan Kegiatan pengawasan Bimbingan dan Konseling di sekolah.Jakarta: PT Asdi Mahasatya. Prayitno, 1987, Profesional konseling dan Pendidikan Konselor, Padang : FIP IKIP. Romlah Tatik, 2001, Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok , Malang : Universitas Negeri Malang. Sardiman, AM. 1988, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru, Rajawali Pers, Jakarta. Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin. Jakarta: Rineka Cipta Sri Hastuti, W.S. Winkel. Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Sudjana. 2006, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. remaja Rosdakarya Wikel, W.S, 2000, Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, Jakarta : Gramedia.


Article Metrics

Abstract view : 242 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.