Peranan Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kompetensi Guru SMP Negeri 1 Makassar

Suaib Ramli(1*),

(1) SMP Negeri 1 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijses.v1i2.17655

Abstract


Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (PTS) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan profesional guru pada SMPN 1 Makassar. Subjek dalam penelitian ini adalah guru SMPN 1 Makassar pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 15 orang. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan yaitu bulan Agustus sampai dengan bulan September 2019. Berdasarkan hasil perhitungan, maka dapat dinyatakan bahwa harga t hitung lebih kecil dari t tabel, dengan demikian hipotesis alternatif yang menyatakan ada hubungan antara peranan kepala sekolah sebagai supervisor pengajaran terhadap peningkatan kompetensi guru  ditolak dan H0 diterima. Dari perhitungan 15 responden hasil analisis skor angket peningkatan kompetensi guru  di SMPN 1 Makassar setelah di uji secara rumus korelasi product moment dan diadakan pengujian hipotesis ternyata hipotesis yang menyatakan bahwa ada hubungan antara peranan kepala sekolah terhadap peningkatan kompetensi guru  berkorelasi agak rendah, berada antara 0,400 sampai dengan 0,600.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, H. Pengelolaan Pengajaran. Cet. VI; Ujung Pandang: Bintang Selatan, 1994. Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Cet XII; Jakarta: Rineka Cipta, 2000. Burhanuddin Yusak. Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan.

Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara. 1994. Daryanto, M. Administrasi Pendidikan. Cet I; Jakarta: Rineka Cipta, 1998. Gunawan, Ary H. Administrasi Sekolah Administrasi Pendidikan Mikro. Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 1996. Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan AIMS dan KBK. Cet I: Bandung: Remaja Rosda Karya, 2003. Nasution, S. Metodologi Reseach (Penelitian Ilmiah). Cet V. Ed. 1; Jakarta: Bumi Aksara, 2002. Pidarta, Made. Pemikiran tentang Supervise Pendidikan. Cet II. Ed. II; Jakarta: Bumi Aksara, 1992. Purwanto, M. Ngalim, Administrasi dan Supervise Pendidikan. Cet III; Jakarta: Remaja Rosda Karya. 1998. Sudjana Nana, 1999. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru algensindo Sutisna, Oteng. Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis untuk Praktek Profesional. Cet X Ed. V; Bandung: Angkasa, 1989. Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Cet. VI, Ed I; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995. Sahertian, Piet A. Prinsip dan Teknik Supervise. Cet III; Surabaya: Usaha Nasional, 1985.


Article Metrics

Abstract view : 187 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.