Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Drama Nathan Der Weise (Ringparabel) dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Jerman di Sekolah Menengah Atas (SMA)

Ela Purwati(1), Syamsu Rijal(2*), Misnah Mannahali(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/.v1i2.37383

Abstract


Abstract. This research purpose the value of character building in the drama Nathan der Weise, and its  relevance to German lessons at SMA. The data analysus technique used is content analysis. This analysis technique consists of there stages. They are data reduction, data display and conclusion. Based  on the result obtained from the Fed analysis that there are six values in the Drama Nathan der Weise that are relevant to the value of character building snd the German lesson Kurikulum 2013 at SMA. The six values are wisdom, tolerance, self-confidance, humalitiy, mutual help, and friendship. The relevance of these six values to German lessons using the role-playing method.

 

Keywords: Nathan der Weise, Character buiding, Kurikulum 2013, Role-playing, Conten-Analysis.

Full Text:

PDF

References


Alchaini, L. (2015). Nathan der Weise und der Toleranzbegriff. Univerzität zu Köln.

Anggraeni, A. D. (2018). Metode role playing dalam pembelajaran profesi kependidikan. Jurnal pendidikan progresif, 8(1), 29-35.

Baharun, H. (2016). Pendidikan anak dalam Keluarga; Telaah epistemologis. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 3(2).

Chasanuddin, A., & Nafisah, Z. (2019). Konsep Mashlahah Al-Ammah Dalam Perspektif Fiqh Sosial Kh. Ma. Sahal Mahfudh. Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 8(2), 235-258.

Dewi, F. I., Akbar, D. M., & Suntini, S. (2020). Prinsip Kerja Sama Dalam Dialog Lenong Betawi “Anak Durhaka”. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 16(2), 104-115.

Elihami, E., & Syahid, A. (2018). Penerapan pembelajaran pendidikan agama islam dalam membentuk karakter pribadi yang islami. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 79-96.

Endraswara, S. (2008). Metodologi Penelitian Sastra. Jakarta: PT BUKU KITA

Fitriani, R. N., Kartini, A., & Julianto, C. D. (2019). Analisis Tindak Tutur Pada Naskah Drama Berjudul” Kartini Berdarah” Karya Amanatia Junda. Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Bahasa Daerah, 8(3), 226-235.

Hamdani, A. D., Nurhafsah, N., & Silvia, S. (2022). Inovasi Pendidikan Karakter Dalam Menciptakan Generasi Emas 2045. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(3), 170-178.

Indramawan, A., & Hafidhoh, N. (2019, November). Pendidikan karakter sebagai upaya meningkatkan semangat belajar. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran) (Vol. 3, pp. 477-485).

Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture.

Kartini, T. (2007). Penggunaan metode role playing untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran pengetahuan sosial di kelas V SDN Cileunyi I Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Jurnal pendidikan dasar, 8(1), 16-17.

Moh Wahyu, K., & Adi Slamet, K. (2020). Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Menumbuhkan Sikap Demokratis Siswa. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik PKn, 7(1), 7-16.

Nathan der Weise: Ein Dramatisches Gedicht, in fünf Aufzügen by Lessing. Ebooks. Diakses di http://www.gutenberg.org/ebooks/9186. Diakses pada 8 November 2021.

Novari, A. F. (2020). Simbol-simbol Pada Drama yang Berjudul “It’s Okay To Not Be Okay”. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 159-166.

Tarsinih, E. (2016). Analisis Naskah Robohnya Surau Kami Dan Penggunaannya Untuk Menyusun Model Menulis Naskah Drama Di Universitas Wiralodra Indramayu. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 39-48.

Tresnawati, N. M. A. (2022). Anggah-Ungguhing Basa Bali dalam Pembelajaran Drama di Kelas X SMK Negeri 3 Tabanan Tahun Pelajaran 2019/2020. Dharma Sastra: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Daerah, 2(1), 6-13.

Wahid, F. I., & Solihat, I. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengapresiasi Drama Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fkip Untirta Melalui Video Pementasan Drama. Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 15-24.

Wulandari, O., Karim, M., & Larlen, L. (2015). Kemampuan Bermain Drama Siswa Kelas Viiia Smp Negeri 19 Kota Jambi. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(2).

Yahya, K. (2010). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yokyakarta: Pelangi Publishing.


Article Metrics

Abstract view : 106 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.