Intervensi Konseling Kelompok Berbasis CBT terhadap Regulasi Emosi Santri

Raina Rahma Salsabila(1*), Aep Kusnawan(2), Yessika Nurmasari(3),

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v5i1.71894

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan konseling kelompok berbasis terapi perilaku kognitif terhadap regulasi emosi santri di pondok pesantren. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu menggunakan satu kelompok pretest dan posttest. Subjek penelitian berjumlah sepuluh orang santri yang memiliki tingkat regulasi emosi rendah. Pengumpulan data menggunakan skala regulasi emosi yang mencakup lima dimensi. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji Wilcoxon karena data tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor rata-rata regulasi emosi setelah intervensi. Uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi 0,005, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah intervensi. Perhitungan efek menunjukkan nilai 0,89 yang termasuk kategori pengaruh besar. Temuan ini menunjukkan bahwa bimbingan konseling kelompok berbasis terapi perilaku kognitif efektif dalam meningkatkan regulasi emosi santri

Keywords


bimbingan konseling kelompok; terapi perilaku kognitif; regulasi emosi;

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, D. S., Virgonita I, M., & Nusandhani, A. (2023). Mahasiswa Rantau Fakultas Psikologi Universitas Semarang: antara Persepsi Pola Asuh dan Regulasi Emosi. Reswara Journal of Psychology, 123-133.

Beck, J. (2020). Cognitive Behavior Therapy: Basic and Beyond. New York: The Guilford.

Diponegoro, A., Ruýa, S., & Dewi, L. (2019). Cognitive reappraisal muslim Indonesia di Belanda. Pro-siding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan , (hal. 476-484).

Gross J, J. (2014). Handbook of Emotion Regulation. New York: The Guilford.

Hamidah, W. N., & Hendriani, W. (2024). Peran Religiusitas Terhadap Regulasi Emosi (Strategi Cognitive Reappraisal Dan Expressive Suppression) Siswa SMA Berbasis Agama Di Surabaya. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1-8.

Hanifa , S., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perkembangan Emosional Anak . Jurnal Pendidikan Tambusai , 1429-1433.

Inayah, P., Syahran, R., Arifyadi, A., & Puswiartika, D. (2024). Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) Teknik Reframing Sebagai Upaya Meningkatkan Regulasi Emosi Remaja di SMP Negeri 14 Palu. Edulnovasi: Journal of Basic Educational Studies, 2105-2118.

Manizar, E. (2016). Mengelola Kecerdasan Emosi. Tadrib , 1-16.

Purnamasari, A., Listyani, E., & Mulyani, S. (2018). Konseling Kelompok Bagi Siswa Putri Kelas VII SMP MBS Pleret, SMP Muhammadiyah Pleret dan SMP Muhammad Imogiri. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 499-512.

Rizky, M., Netrawati, & Karneli, Y. (2023 ). Efektifitas Pendekatan Cognitive Behavioral Theraphy (CBT) untuk Mengatasai Depresi . Eductum : Jurnal Literasi Pendidikan , 265-280.

Salsabila, C. N., & Fitriani, Y. (2023). Regulasi Emosi Ditinjau Dari Dukungan Sosial Teman Sebaya Pada Siswa SMP. JBKR: Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 144-153.


Article Metrics

Abstract view : 105 times | PDF view : 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:

Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar