E- Modul Self Regulation: Modul Pengendalian Emosi dalam Mengurangi Perilaku Agresif di SMK Negeri 1 Makassar.

Cahaya Dewi(1*), Abdullah Sinring(2), Suciani Latif(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v5i1.70511

Abstract


AbstrakPeningkatan jumlah kasus kekerasan di kalangan anak-anak di Indonesia pada tahun 2023 menjadi latar belakang penting penelitian ini. Berdasarkan laporan KPAI, tercatat 2.355 kasus pelanggaran hak anak, di mana 723 di antaranya terjadi di lingkungan satuan pendidikan, termasuk 236 kasus kekerasan fisik maupun psikis. Selain itu, data dari SIMFONI-PPA mengungkapkan bahwa pada dua minggu pertama tahun 2025 di Sulawesi Selatan saja, telah terjadi 542 kasus perilaku agresif, dengan 127 korban laki-laki dan 476 korban perempuan. Temuan ini menegaskan perlunya intervensi yang tepat untuk menangani perilaku agresif pada siswa. Penelitian ini berupaya mengembangkan e-modul self regulation of emotion untuk mereduksi perilaku agresif siswa di SMK Negeri 1 Makassar karena perilaku agresif siswa dapat berdampak negatif pada lingkungan belajar dan hubungan sosial, penting untuk membuat strategi untuk mengelola emosi. Tujuan penelitian mencakup: 1) Mengidentifikasi kebutuhan e-modul untuk mereduksi perilaku agresif siswa, 2) Merancang prototipe e-modul, 3) Menilai validitas e-modul, dan 4) Mengetahui kepraktisan e-modul. Penelitian menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model ADDIE, meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif untuk mengukur persentase dan skor, serta analisis kualitatif untuk memahami wawasan mendalam dari hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Sebanyak 63% siswa mengalami perilaku agresif dan memerlukan media untuk meningkatkan regulasi emosi, 2) Prototipe e-modul terdiri dari 54 halaman dengan 4 topik regulasi emosi dan dilengkapi buku panduan, 3) Validasi ahli menyatakan e-modul ini valid untuk digunakan, 4) Hasil uji praktisi oleh guru BK mencapai 98,3%, dan uji kelompok kecil sebesar 90%, menunjukkan e-modul sangat praktis.

Keywords


E-Modul, Regulasi Emosi, Perilaku Agresif, Bimbingan dan Konseling

Full Text:

PDF

References


Af’idah, I. N., Afrida, F. N., & Nuraini, L. (2024). Pengembangan Video Penelitian Kuantitatif dalam Meningkatkan Kemampuan Analisis Data Mahasiswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 4(2), 175-188.

Al Idrus, S. F., Damayanti, P. S., & Ermayani. (2020). Pengembangan kecerdasan emosional peserta didik di sekolah dasar melalui pendidikan karakter. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 1-10.

Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan media pembelajaran flipbook digital guna menunjang proses pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37-44.

Bangun, A. A. R. (2023). Efektivitas Video Pembelajaran Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Program Linear di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Barusjahe TA 2023/2024.

Emzir, E. (2012). Metodologi penelitian pendidikan: Kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Gross, J. J. (Ed.). (2014). Handbook of emotion regulation (2nd ed.). Guilford Press.

Huda, M. (2022). Perancangan Sistem Informasi Kepegawaian CV. Langsung Jaya Berbasis Website. Technology and Informatics Insight Journal, 1(1), 1-12.

Hasanah, A. N., Warsih, D., Muslimah, H., Azmi, I., & Chusni, M. M. (2024). Pengaruh layanan pembelajaran dalam bimbingan dan konseling terhadap prestasi akademik peserta didik SMP. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling, 11(1), 49-61.

Hasmawati, W., Suarni, W., & Sriwaty, I. (2023). Regulasi Emosi Terhadap Perilaku Agresif Remaja laki-laki. Sublimapsi, 4(2), 275–282.

Jawapos.com. (2023, Januari 30). Kekerasan terhadap anak meningkat selama 2023: KPAI catat 2.355 kasus yang terjadi di Indonesia. Diakses pada (2023, Juli 19), dari https://www.jawapos.com/nasional/013058347/kekerasan-terhadap-anak-meningkat-selama-2023-kpai-catat-2355-kasus-yang-terjadi-di-indonesia

Khairunnisa, A., & Apoko, T. W. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 20(2), 191-203

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2023, Juli 17). Sistem Informasi Online Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak. Diakses pada [tanggal akses], dari https://kekerasan.kemenpppa.go.id/register/login

Kumala, K. H., & Darmawanti, I. (2022). Strategi regulasi emosi pada mahasiswa dengan banyak peran. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(3), 19-29.

Lestari, T. A., Jamaluddin, J., & Pahmi, S. (2023). Identifikasi Penggunaan Media Pembelajaran dalam Proses Belajar-Mengajar di SMA Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2071-2077.

Laraphaty, F. R., Riswanda, J., Anggun, D. P., Maretha, D. E., & Ulfa, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Vol. 4 (1): 145-156.

Lutfianawati, D., Putri, A. M., Junaidi, J., Wijayanti, T., Vina, K. O., & Sari, J. R. (2023). Pelatihan Regulasi Emosi Pada Mahasiswa Baru. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 6(9), 3609-3622.

Manzil, E. F., Sukamti, S., & Thohir, M. A. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Heyzine Flipbook Berbasis Scientific Materi Siklus Air Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 31(2), 112.

Marhan, C., Suarni, W., Pambudhi, Y. A., & Qolbih, N. (2021). Regulasi Emosi dan Aggresive Driving Behavior Siswa. Jurnal Sublimapsi, 2(1), 51.

Maula, S. N., Yulieajantiningsih, Y., & Yulianti, P. D. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan literasi Emosi Siswa Kelas XI SMAN 1 Kedungwuni. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 17460-17464.

Niswati, H., Sinring, A., & Latif, S. (2024). Konseling Individual dengan Teknik Aversi untuk Menurunkan Perilaku Agresif pada Siswa Tunagrahita Ringan di SLB. Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop, 5(1), 27-34.

Putri, A. F. (2019). Konsep Perilaku Agresif Siswa. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 4(1), 28-32.

Panji, F. (2022). Pengembangan Sistem informasi kehadiran siswa berbasis website. Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara, 2(2), 136-145.

Pratama, J., Dalimunthe, R. Z., & Nurmala, M. D. (2023). Pengembangan Modul Berbasis Ebook Untuk Meningkatkan Pengetahuan Bahaya Membolos Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 8(2).

Padwa, T. R., & Erdi, P. N. (2021). Penggunaan e-modul dengan sistem project based learning. Jurnal Vokasi Informatika, 21-25.

Putryani, S., Situmorang, N. Z., Bashori, K., & Syuhada, M. N. (2021). Perilaku Agresif Siswa Dilihat Dari Regulasi Emosi. Jurnal Psikologi: Media Ilmiah Psikologi, 19(02).

Rahayu, E. (2023).Pengembangan E-Modul Interaktif Berbentuk Flipbook Pada Materi Sistem Ekskresi untuk Kelas X1 SMA. Skripsi, 8(4).

Rofiah, C. (2022). Analisis Data Kualitatif: Manual Atau Dengan Aplikasi. Develop, 6(1), 33-46.

Taufik, T. (2023). Pengaruh pengelolaan emosi terhadap perilaku agresif siswa UPTD SMP Negeri 6 Barru. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(1), 46–62.

Teniwut, L., & Widiantoro, F. W. (2024). The Hubungan Antara Regulasi Emosi dan Agresivitas pada Mahasiswa Maluku Tenggara di Yogyakarta. Journal of Education Research, 5(4), 6100-6108.

Wibowo, S. A., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis komik untuk meningkatkan karakter kemandirian belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5100-5111.

Winata, K. A., Fauzi, T., & Surtiyoni, E. (2022). Model Bimbingan Konseling Berbasis E-Modul: Upaya Preventif Terhadap Perilaku Pornografi Siswa MTs Negeri 1 Muratara. Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 16-25.

Wuri, D. A., & Nurhidayah, S. (2023). Pelatihan Regulasi Emosi Untuk Menurunkan Perilaku Agresivitas Pada Anak . An-Nizam, 2(2), 167-173.

Yanizon, A., & Sesriani, V. (2019). Penyebab Munculnya Perilaku Agresif Pada Remaja. Jurnal KOPASTA, Vol. 6 (1). www.journal.unrika.ac.id


Article Metrics

Abstract view : 49 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:

Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar