Efektifitas Teknik Modeling Simbolis Sebagai Intervensi Perilaku Bullying Verbal pada Siswa SMP

Nurhafidzah Indarti(1*), Abdullah Sinring(2), Suciani Latif(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v5i1.70478

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran perilaku bullying verbal siswa sebelum dan sesudah penerapan teknik modeling simbolis; 2) Gambaran prosedur pelaksanaan teknik modeling simbolik dalam mengatasi perilaku bullying verbal siswa, dan 3) Keefektifan Teknik modeling simbolik dalam mengurangi perilaku bullying verbal siswa. Penelitian ini 

menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 20 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 10 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Tingkat perilaku bullying verbal siswa pada saat pretest pada kelompok eksperimen dan kontrol tetap berada pada kategori tinggi dan sedang. 2) pelaksanaan teknik modeling dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan, 3) Ada pengaruh teknik modeling simbolis terhadap perilaku bullying verbal siswapada kelompok yang diberikan perlakuan dan pada kelompok yang tidak diberikan perlakuan berupa teknik modeling simbolis.

Kata Kunci : Bullying Verbal, Teknik modeling simbolis, Efektifitas Teknik Konseling, Pencegahan Perundungan.


Full Text:

PDF

References


Ariesta, D., Nurhasanah, & Nurbaty. (2020). Penerapan teknik modeling simbolis untuk mengurangi perilaku bullying siswa di SMA Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 5(1), 39–47.

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Prentice Hall.

Espelage, D. L., et al. (2023). Peer Influence and Behavioral Imitation in Verbal Bullying: Social Dynamics and Risk Factors. Journal of School Psychology.

Fadil, K. (2023). Peran guru dalam penanaman sikap anti bullying verbal dalam pembelajaran PKN di sekolah dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 123–133.

Fauziyah, N., & Rusmana, N. (2022). Bimbingan kelompok teknik modeling untuk mengurangi perilaku bullying siswa. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(1), 22–32.

Febrianti, E. A., & Nawantara, R. D. (2022). Teknik modeling simbolis (alternatif strategi pelaksanaan layanan konseling di sekolah). Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran), 5.

Nailul, H. F. (2022). Pelaksanaan konseling kelompok menggunakan teknik modeling untuk mengurangi perilaku bullying di MA Miftahul Huda Terbanggi Besar Lampung Tengah (Disertasi, UIN Raden Intan Lampung).

Nursiani, N. (2022). Pengaruh bullying verbal terhadap keputusan menjalin hubungan pertemanan pada siswa di MTs Negeri Palopo (Disertasi Universitas Muhammadiyah Palopo).

Pandang, A., & Anas, M. (2019). Penelitian eksperimen dalam bimbingan dan konseling: Konsep dasar dan aplikasinya tahap demi tahap. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Putri, A. A., et al. (2023). Implementasi UU Nomor 35 Tahun 2014 atas perubahan UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak terhadap maraknya fenomena bullying ditinjau dalam perspektif sosiologi hukum. Jurnal Hukum Positum, 8(1), 33–51.

Septiana, A., & Afifah, L. (2022). Upaya sekolah dalam menanamkan nilai karakter untuk pencegahan 3 dosa besar dunia pendidikan. Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 7(1).

Suri, G. D., et al. (2022). Analisis perlakuan bullying verbal pada remaja. Jurnal Neo Konseling, 4(4), 21–29.

KumparanNEWS. (2022, April 12). Survei Kemendikbud: Ada 24,4% Potensi Bullying Terjadi di Sekolah. Kumparan.https://kumparan.com/kumparannews/survei-kemendikbud-ada-24-4-potensi-bullying-terjadi-di-sekolah-1xrtJpvCyAs

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D, dan penelitian tindakan). Bandung: Alfabeta.

Visty, S. A. (2021). Dampak bullying terhadap perilaku remaja masa kini. Jurnal Intervensi Sosial dan Pembangunan (JISP), 2(1), 50–58.

Wahyuningsih, L., Naqiyyah, D. K. J., Elawati, S., Diananissa, F. N., Aliyanti, A., & Tuti, N. W. (2023). Profil perilaku bullying peserta didik kelas VII di salah satu SMP Negeri Kota Serang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 29058–29063.

Wibisana, W. (2024). Kasus bullying naik tiap tahun, psikolog: Remaja rentan jadi korban.


Article Metrics

Abstract view : 60 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:

Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar