Peran Bimbingan Pribadi-Sosial dalam Keterampilan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v4i3.68769
Abstract
Keterampilan komunikasi interpersonal merupakan aspek penting dalam perkembangan pribadi, sosial, dan akademik siswa. Bimbingan pribadi-sosial memiliki peran signifikan dalam membantu siswa mengatasi masalah pribadi dan sosial serta menyesuaikan diri dengan lingkungan keluarga dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran bimbingan pribadi-sosial dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa, khususnya dalam membangun komunikasi efektif dan hubungan yang sehat. Metode penelitian ini menggunakan studi kepustakaan dengan meninjau literatur yang relevan, seperti buku, jurnal, dan artikel ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan pribadi-sosial memberikan kontribusi positif terhadap keterampilan komunikasi interpersonal siswa. Layanan ini membantu siswa dalam aspek pertumbuhan pribadi, pemahaman diri, komunikasi sehat, pembentukan perilaku baru, ekspresi diri, ketahanan, dan pengembangan kompetensi. Dengan bimbingan pribadi-sosial, siswa mampu mengembangkan keterampilan komunikasi yang lebih baik, yang berdampak positif pada hubungan sosial dan mengurangi risiko kegagalan dalam tugas perkembangan individu. Oleh karena itu, konselor disarankan untuk memaksimalkan layanan bimbingan pribadi-sosial demi meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa.
Keywords
References
Abdul Karim, H., Salehudin, M., studi Bimbingan Konseling Islam, P., & Ushuluddin Adab dan Dakwah, F. (2021). BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 18(01), 30–43. https://doi.org/10.14421/hisbah.2021.181-03
AD, Y., & Winarsih, W. (2017). Layanan Bimbingan Pribadi-Sosial dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 2 Padang Cermin Kabupaten Pesawaran. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(1), 41–56. https://doi.org/10.24042/kons.v3i1.554
Ahmadi, A. (2009). Psikologi Umum, edisi revisi 2009.
Budyatna, M. (2015). Teori-Teori Mengenai Komunikasi Antar-Pribadi. Prenada Media.
DeVito, J. A. . (2019). The interpersonal communication book. Pearson Education, Inc.
Dono, I. O., & Nursalim, M. (2016). Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa SMP Negeri 2 Menganti Gresik. Jurnal BK Unesa, 6(3).
Endah, N., Eti Rohaeti, E., Supriatna, E., & Studi Bimbingan dan Konseling, P. (2021). KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MARGAASIH KABUPATEN BANDUNG. 4(2).
Hanani, S. (2017). Komunikasi antarpribadi teori dan praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kelly, J. A. (1982). Social-skills training: A practical guide for interventions. (No Title).
Khalilah, E. (2017). Layanan bimbingan dan konseling pribadi sosial dalam meningkatkan keterampilan hubungan sosial siswa. JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling), 1(1), 41–57.
Mulyana, D. (2002a). Ilmu komunikasi suatu pengantar.
Mulyana, D. (2002b). Ilmu komunikasi suatu pengantar.
Murtafiah, A., & Sahara, O. A. (2019). Pelaksanaan Bimbingan Pribadi Sosial Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Terisolir Di SMP Negeri 5 Banguntapan. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, 3(2).
Novita, N., & Siswati, S. (2010). Pengaruh social stories terhadap keterampilan sosial anak dengan attention-deficit hyperactivity disorder (adhd) studi eksperimental desain kasus tunggal di sekolah alam ar-ridho semarang. Jurnal Psikologi, 8(2), 102–116.
Nurhasanah, N., Ramadhani, J., Utami, N. T., & Hasanah, U. (2024). Pentingnya Komunikasi Interpersonal Guru dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa. VISA: Journal of Vision and Ideas, 4(1), 201–207.
Oktaviani, Y., Yusmansyah, Y., & Mayasari, S. (2017). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Dengan Layanan Bimbingan Kelompok. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 5(6).
Petersen, L. (2004). Bagaimana memotivasi anak belajar. Grasindo.
Pristanti, N. A., & Suryani, R. (2022). Praktikum Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial.
Supriatna, E., Aprianti, E., Yuliani, W., Konseling IKIP Siliwangi, B., & PAUD IKIP Siliwangi, P. (2019). PENGARUH BERMAIN DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK PADA SISWA PAUD DI KOTA CIMAHI. Online), 5(2), 2581–0413.
Utomo, D. P., & Harmiyanto, H. (2024). Hubungan keterampilan komunikasi interpersonal dan kepercayaan diri siswa kelas X Sman 1 Garum Kabupaten Blitar. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 14.
Walgito, B. (1986). Bimbingan dan Penyuluhan di sekolah.
Winkel, W. S. (2021). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan.
Yusuf, S. (2012). Psikologi perkembangan anak dan remaja.
Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Article Metrics
Abstract view : 21 times |Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
