Penerapan Metode Bimbingan Konseling Theraplay Pada Keluarga Anak Down Syndrom
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v4i3.68759
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk kepada keluarga dengan anak berkebutuhan khusus, khususnya anak penderita Down Syndrome, melalui peneraan terapi bermain theraplay. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Penilaian dilakukan berdasarkan sembilan aspek Kualitas Keluarga untuk mengidentifikasi masalah seperti perbedaan pola asuh antara orang tua, keterbatasan waktu, dan penolakan terhadap anak berkebutuhan oleh salah satu saudara kandungnya. Intervensi mencakup dua sesi: diskusi keluarga untuk membahas permasalahan dan sesi terapi untuk membangun interaksi positif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan komunikasi dan kerja sama antara orang tua, pemahaman yang lebih baik antar anggota keluarga, serta terciptanya lingkungan keluarga yang positif. Melalui kegiatan bermain bersama, keluarga membangun hubungan yang lebih erat dan suasana yang hangat serta mendukung. Penelitian ini menekankan pentingnya pendekatan terapi berbasis permainan seperti theraplay dalam memperbaiki dinamika keluarga dan mendukung perkembangan anak berkebutuhan khusus. Temuan ini berkontribusi pada pemahaman tentang intervensi holistik untuk keluarga dengan tantangan serupa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ersan, B., & Tümlü, G. (2024). Living in the Shadow of a Sibling with Disabilities: Experiential Play Therapy from the Perspective of Parents. Anadolu Journal of Special Education.
Falsafinejad, M. R., et al. (2018). Effectiveness of puppet play therapy on adaptive behavior and social skills in boy children with intellectual disability. Caspian Journal of Pediatrics.
Hadiprodjo, N., McIntosh, S., & Woods, K. (2018). Clinical applications of the polyvagal theory and attachment theory to play therapy for children with developmental trauma.
Money, R. (2020). Theraplay for attachment-related challenging behaviour: A case series approach.
Munns, E., & Munns, C. (2015). Including Families in Theraplay with Children. In Counseling Families: A Play-based Treatment (pp. 21-45).
Pourmohamadreza-Tajrishi, M., et al. (2015). The effect of problem-focused coping strategy training on psychological symptoms of mothers of children with Down syndrome. Iranian Journal of Psychiatry and Behavioral Sciences.
Rezaee, S., & Rasouli, A. (2020). The Effectiveness of Sand Play Therapy on Social Skills, Anxiety, and Aggression in Children with Down Syndrome. Journal of Exceptional Children.
Siu, A. F. Y. (2014). Effectiveness of Group Theraplay® on enhancing social skills among children with developmental disabilities. International Journal of Play Therapy.
Wikipedia bahasa Indonesia. 2012. Konseling Keluarga.http://id.wikipedia.org/wiki/Konseling_keluarga. Diakses tanggal 16 September 2024
Yulismi. (2016). KONSELING KELUARGA PADA KELUARGA DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
Article Metrics
Abstract view : 24 times | PDF view : 9 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
