Pengembanan Modul Copying Skill untuk Mereduksi Masalah Stres Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas

Latifa Nur(1*), Abdullah Sinring(2), Abdullah Pandang(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v4i3.64559

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan layanan informasi modul keterampilan menyalin untuk mengurangi masalah stres belajar bagi siswa yang stres belajarnya sangat tinggi, dipengaruhi oleh kondisi siswa tersebut. Dalam kegiatan pemberian layanan ternyata mereka kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana gambaran kebutuhan model pengembangan modul keterampilan menyalin untuk mengurangi masalah stres belajar bagi siswa SMAN 12 BULUKUMBA. (2) Bagaimana prototipe model pengembangan modul keterampilan menyalin untuk mengurangi masalah stres belajar bagi siswa SMAN 12 BULUKUMBA. (3) Bagaimana tingkat validasi model pengembangan modul keterampilan menyalin untuk mengurangi masalah stres belajar bagi siswa SMAN 12 BULUKUMBA. (4) Bagaimana tingkat kepraktisan modul keterampilan menyalin untuk mengurangi masalah stres belajar bagi siswa SMAN 12 BULUKUMBA. Penelitian ini menggunakan model penelitian dari Borg and Gall yang dimodifikasi oleh peneliti dari 10 tahap menjadi 7 tahap pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 12 Bulukumba dengan jumlah responden 28 orang sedangkan untuk uji kelompok kecil sebanyak 10 orang responden. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket sehingga diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Kurangnya layanan informasi bagi siswa mengenai stres belajar (2) Modul layanan informasi bagi siswa “Copyng skills” yang dikembangkan terdiri dari 23 halaman yang terdiri dari beberapa pokok materi mengenai stres belajar (3) setelah  melalui tahap uji validasi oleh para ahli dan menunjukkan bahwa media yang telah dibuat valid untuk diujikan kepada siswa di SMAN 12 Bulukumba sebagai uji praktisi dan 10 orang responden untuk uji coba lapangan diperoleh hasil dengan presentase sebesar 99% sehingga media yang telah dikembangkan yaitu modul “copyng skills” untuk mengurangi permasalahan stres belajar siswa layak untuk diujicobakan secara luas dan digunakan sebagai media bimbingan dan konseling di sekolah.

Keywords


Copying Skills, Learning Stress, Information

References


Andari, Istiqomah Dwi. Dkk. (2020) Peningkatan Pengetahuan Tentang Teknik Relaksasi Akupresure Untuk menguurangi Stres Belajar Pada Siswa. Jurnal Masyarakat Mandiri. Vol 6. No 6.

Andarini, Chyntia Ayu. Dkk. (2020) Strategi Copyng skill Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Siswa SMAN 1 PANGALENGAN Tahun 2020. Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat 2020.

Andriyani, Juli. (2019). Strategi Copyng Stres Dalam Mengatasi Problema Psikologis. Jurnal At-Taujih. Vol 2 No 2.

Barseli, Mufadhal. Dkk. (2020). Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Pengelolaan Stress Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan. Vol. 8, No 2.

Cahyani, Regitasari Dwi. (2017). Hubungan Efikasi Diri Dengan Mekanisme Copyng Siswa Dalam Menghadapi Tugas Di Sman 1 Jamber. E-Journal Pustaka Kesehatan, Vol 10. No 1.

Damayanti, Siska. (2022). Tingkat Stress Akademik Siswa Sekolah Menengah atas Selama Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JIM FKep. Vol 5. No 4.

Damayanti, Siska. Dkk. (2022). Tingkat Stres Akademik Siswa Sekolah Menengah Atas Selama Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jim Fkep. Vol V No 4.

Faizah, Salma & Cahyanti Ika Yuniar. (2021). Strategi Copyng Stress Siswa Sma Dalam Menghadapi Utbk 2021. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (Brpkm). Vol 1. Hal 2.

Hanim Wirda& Nisa Janatan. (2019). Pengembangan Video Tutorial Mengenai “Strategi Problem Focused Copyng Pada Stres Akademik Dalam Menghadapi Ujian” Untuk Peserta Didik Kelas X Sma Labschool Rawamangun Jakarta. Insight: Jurnal Bimbingan Dan Konseling. Vol 8. No 1.

Hendra, Robi dkk. (2022). Copyng stress Dalam Aktivitas Belajar Pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Indonesian Educational Administration and Leadership Journal (IDEAL). Vol 04. No 02. Hal. 24-39

Hendra, Robi. Dkk. (2022). Copyng Stres Dalam Aktivitas Belajar Pada Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Indonesian Educational Administration And Leadership Journal (Ideal). Vol 04. No 02. Hal 24-39.

Imelisa, Rahmi. (2023). Penggunaan Copyng Pet Attachment Untuk Mengatasi Stress Akademik Pada Siswa. Mhc Journal Of Mental Health Concerns. Vol 2. No 1.

Maryam, Siti. (2017). Strategi Copyng: Teori Dan Sumber Dayanya. Jurnal Konseling Andi Matappa. Vol 1 No 2. Hal 101-107.

Nurulita, F. P. (2022). Analisis Strategi Copyng Stress Saat Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Pada Siswa SMA Negeri 4 Pandeglan. Jurnal Cakrawala Promkes. Vol 4, No 2 Hal 79-87.

Prtiwi Novi, Yanti. Dkk. (2023). Efektivitas Psikoedukasi Copyng Stress Terhadap Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Gowa. : Jurnal Pengabdian Masyarakat.Vol 2, No 3.

Rachma, Nurul Fatchur. (2014). Penerapan Konseling Kelompok Dengan Menggunakan Strategi Copyng Untuk Mengurangi Stress Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tuban. Jurnal BK. Vol 04. No 03.

Rosanti, Purwati, & Luhur Wicaksono. (2022). Studi Tentang Stress Akademik Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 18 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan pembelajaran Khatulistiwa. Vol 11. No 9.

Ruliansyah. Riezki. (2015). Meningkatkan Strategi Copyng Melalui Metode Expressive Writing Dan Focus Group Discussion Pada Siswa Kelas Xi Ipa 4 Sma Negeri 7 Yogyakarta.

Sriwahyuningsih Vera, Barseli Mufadhal, Afrianti Desi. (2023). Mereduksi Stress Akademik Dengan Copyng skill. Jurnal Pedamas. Vol 1, No 4.

Sriwahyuningsih. Vera. (2023). Mereduksi Stress Akademik Dengan Copyng skill Reducing Academic Stress With Copyng skill. Jurnal PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat). Vol 1. No. 4.

Suprayogi, N. M. & Fauziah Anisa. (2011). Gambaran Strategi Copyng Stress Siswa Kelas Xii Sman 42 Jakarta Dalam Menghadapi Ujian Nasional. Vol 2. No 1.

Zulaikha. Ananda. (2021). Strategi Copyng Stress Belajar Daring Pada Siswa SMA Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 5. No 2.

Zulfa. M. L. (2023) Hubungan antara strategi copyng dengan stress akademik pada siswa Ma Nurul Haromain Pujon Malang. Skripsi.


Article Metrics

Abstract view : 15 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:

Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar