Upaya Guru BK dalam Meminimalisir Perilaku Mencontek Siswa di SMAN 1 Plumbon
(1) Universitas Bunga Bangsa Cirebon
(2) Universitas Bunga Bangsa Cirebon
(3) Universitas Bunga Bangsa Cirebon
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v4i3.61913
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran deskriptif Mencontek adalah perilaku melakukan curang demi untuk mendapatkan hasil yang baik tanpa harus berusaha. Perilaku mencontek sudah lumrah terjadi dikalangan pelajar. Hal ini disebabkan karena kurangnya kesadaran dalam diri siswa dan kurangnya kepercayaan diri terhadap kemampuan yang dimilikinya. Beberapa faktor lain yang mempengaruhi perilaku curang siswa diantaranya adalah tekanan orang tua terhadap dirinya yang menuntut untuk mendapatkan nilai tinggi, serta rasa takut untuk menghadapi kegagalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru BK dalam meminimalisir perilaku mencontek di SMAN 1 Plumbon. Pendekatan yang digunakan dalam penilitan ini yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik wawancara. Beberapa upaya yang dilakukan oleh guru BK dalam meminimalisir perilaku mencontek pada siswa diantaranya yaitu melakukan bimbingan klasikal mengenai dampak mencontek, kegiatan tersebut bertujuan agar siswa mengetahui dan memahami perihal dampak mencontek.
Keywords
References
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9.
Amelia, S. H., Tanjung, Z., Riyant, E., AM, R. A., Nova, M., Novita, N., & Ranny, R. (2017). Perilaku menyontek dan upaya penanggulangannya. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(1).
Fitria, Y. (2019). Perilaku menyontek: Persepsi terhadap iklim sekolah dengan ketidakjujuran akademik. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 7(1), 1–12.
Helmi, G. (2017). Upaya guru mata pelajaran dan guru BK dalam mencegah perilaku menyontek (Studi Pada SMA Negeri Se-Kota Padangsidimpuan). Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(3).
Hidayat, T., & Purwokerto, U. M. (2019). Pembahasan studi kasus sebagai bagian metodologi penelitian. Jurnal Study Kasus, 3, 1–13.
Jannah, S. R., Irhamni, G., & Fauzi, Z. (2020). Peran Guru BK Dengan Layanan Informasi Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Bagi Siswa Kelas X Di SMK Tunas Bangsa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 6(2), 99–103.
Kusrieni, D. (2014). Hubungan efikasi diri dengan perilaku mencontek. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 86.
Liza, N., & Wahyuni, S. (2023). Peranan Guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam Pemberian Layanan Informasi untuk Mengembangkan Perilaku Jujur Siswa. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 381–394.
Muhyatun, M. (2019). Upaya Preventif Perilaku Menyontek Siswa Melalui Layanan Dukungan Sistem. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 157–164.
Pudjiastuti, E. (2012). Hubungan “self efficacy” dengan perilaku mencontek mahasiswa psikologi. MIMBAR: Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 28(1), 103–111.
Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya.
Saputra, R., & Komariah, K. (2020). Peran guru BK dalam mengatasi kenakalan siswa. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 1(2), 24–28.
Syibli, Y. M., & Sapari, S. (2021). Peran Guru BK dalam Mengurangi Perilaku Siswa Mencontek. JIECO: Journal of Islamic Education Counseling, 1(1), 14–26.
Tohirin, A., & Pd, M. (2007). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wahyuningtyas, P. F., & Indrawati, E. S. (2020). Hubungan antara konformitas teman sebaya dengan intensi menyontek pada siswa SMA Kesatrian 2 Semarang. Jurnal Empati, 7(2), 522–526.
Article Metrics
Abstract view : 14 times |Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
