Konseling Kognitif Behavior Berbasis Halaqah Untuk Mengembangkan Kepercayaan Diri Siswa

Muhammad Anas(1), Suciani Latif(2), Akhmad Harum(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v1i1.20345

Abstract


Salah satu masalah yang dialami siswa di sekolah adalah masalah kepercayaan diri yang rendah. Masalah ini dapat menjadi penyebab muculnya masalah-masalah lain, utamanya berkaitan dengan pengembangan kepribadian dan potensi peserta didik. Dengan demikian penanganan masalah kepercayaan diri pada peserta didik tersebut, khususnya di madrasah aliah, adalah salah satu layanan dalam bimbingan dan konseling yang perlu mendapat perhatian.

Bentuk layanan sebagai upaya penangan terhadap kepercayaan diri, selama ini dilakukan secara individual. Bentuk layanan individual tersebut sesungguhnya sudah baik, namun perlu dilakukan upaya yang lebih efisien. Untuk keperluan tersebut maka layanan dalam bentuk kelompok menjadi salah satu pilihan yang menarik. Hal ini juga terungkap dari kajian lapangan bahwa bentuk layanan kelompok (bimbingan ataupun konseling) masih jarang dilakukan. Salah satu factor penyebab kegiatan atau layanan konseling atau bimbingan kelompok jarang dilaksanakan adalah belum terbiasa guru melaksanakan dengan bentuk seperti itu dan belum tersedianya suatu model pelaksanaan konseling kelompok.

Pelaksanaan layanan pengembangan kepercayaan diri maupun penanganan siswa yang mengalami kepercayaan diri rendah  ini sudah biasa dilaksanakan di MAN Model Makassar namun belum memberi hasil yang maksimal. Sehubungan dengan hal tersebut maka dipilihlah salah satu Teknik pelayanan yang diharapkan dapat memberi hasil yang lebih baik. Teknik layanan yang dimaksud adalah Teknik restrukturisasi kognitif berbasis hakaqah.

Teknik restrukturisasi kognitif berbasis halaqah ini adalah merupakan hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan oleh peneliti pada tahun sebelumnya (2019) namun belum diujicoba secara luas (uji efektivitas). Sehubungan dengan hal tersebut, dan fenomena kepercayaan diri yang rendah pada beberapa siswa di MAN Makassar maka sangat penting untuk melaksanakan penelitian ini dalam bentuk penelitian tindakan kelas

Keywords


kognitif behavioral, harga diri, madrasah aliah

Full Text:

PDF

References


Angelis, B.D. (2006). Confidence: Percaya Diri Sumber Sukses dan Kemandirian. Jakarta: Gramedia.

Arikunto, Suharsimi. 2010, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara

Corey, Gerald. 2005. Teori dan praktek dari konseling dan psikoterapi. Terjemahan oleh E. Koeswara. Jakarta: ERESCO

Emria Fitri, Nilma Zola, Ifdil Ifdil; Profil kepercayaan diri remaja serta factor-faktor yang mempengaruhinya, http://jurnal.iicet.or. Diakses tanggal 30 Januari 2020.

Ghufron, N.M.,& Risnawita. S. R. 2011. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta : Arruzz Media

Hakim, Thursan. 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swarna

Hurlock, E.B. 1999. Perkembangan Anak. Alih bahasa oleh soedjarmo dan istiwidayanto. Jakarta : Erlangga.

Islamiah, N., Daengsari, D. P., & Hartiani, F. (2015). Cognitive Behavior Therapy Untuk Meningkatkan Self-Esteempada Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konseling, 8(2), 142-152.

Kunandar, 2011, Penelitian tindakan kelas, Jakarta, Bumi Aksara.

Lautser, P. 1997. Tes Kepribadian. Jakarta: gaya Media Pratama

Lubis, Satria Hadi, 2011. Menggairakan Perjalanan Halaqah: Kiat Agar Halaqah Lebih Dahsyat Full Manfaat, Pro You, Yogyakarta,

Munawwir, Ahmad Warson. (tanpa tahun) Al-Munawwir: Kamus Arab – Indonesia,

Prayitno & Amti, Erman. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : RINEKA CIPTA.

Rini J.F. Memupuk rasa Percaya Diri. (Online) http/:www.e-Psikologi.Com. Diakses Tanggal 25 Januai 2020.

Santrock, J.W. 2005. Adolescene, Perkembangan Remaja. Jakarta : Erlangga.

Sarlito, W.S. 2002. Psikologi sosial : individu dan teori – teori paikologi sosial. Edisi 3. Jakarta : Balai Pustaka.

Surya, H. (2007). Percaya Diri Itu Penting. Elex Media Komputindo


Article Metrics

Abstract view : 360 times | PDF view : 94 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:

Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar