JEJARING LAYANAN KESEHATAN PADA RUMAH SAKIT BHAYANGKARA MAPPAODDANG KOTA MAKASSAR PROVINSI SULAWESI SELATAN

Tigor Situmorang(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jiap.v4i1.1820

Abstract


Penerapan jejaring layanan yang diterapkan belum mengakomodir pentingnya penerapan sistem, kemitraan dan otonomi rumah sakit untuk mengembangkan jejaring layanan yang komprehensif untuk memajukan Rumah Sakit Bhayagkara. Wujud implementasi jejaring layanan rumah sakit diterapkan untuk mewujudkan keefektifan organisasi dalam penguatan struktur organisasi, kerjasama, komunikasi dan pencapaian tujuan. Hal ini penting untuk mewujudkan kualitas layanan prima, layanan berkualitas dan layanan publik baru.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui jejaring layanan kesehatan pada Rumah Sakit Bhayangkara Mappaoddang, mengetahui kualitas layanan dari jejaring layanan kesehatan dan keefektifan organisasi pada Rumah Sakit Bhayangkara Mappaoddang Provinsi Sulawesi Selatan, dan mengetahui keefektifan organisasi melalui implementasi jejaring layanan kesehatan pada Rumah Sakit Bhayangkara Mappaoddang.

Penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Data dikumpulkan secara induktif melalui observasi dan wawancara mendalam, kemudian dianalisis secara induktif-deduktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jejaring layanan kurang sesuai sistem, kemitraan dan otonomi dalam menunjang keefektifan organisasi. Masih kurangnya pemahaman pihak rumkit mengenai sistem kegiatan pelayanan,  kesenjangan dalam kemitraan secara internal dan eksternal serta keterbatasan otonomi layanan yang kurang bertanggungjawab dalam mewujudkan keefektifan organisasi Rumkit Bhayangkara Mappaoddang Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Layanan kesehatan kurang mencerminkan layanan prima, berkualitas dan layanan publik baru dikarenakan pelaksanaan jejaring layanan kurang dipahami dalam mengefektifkan organisasi Rumkit Bhayangkara Mappaoddang Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Keefektifan organisasi kurang terealisasi sesuai dengan struktur organisasi yang ideal, kerjasama yang saling menguntungkan, komunikasi yang efektif dalam pencapaian tujuan sesuai pelaksanaan jejaring layanan kesehatan yang diterapkan di Rumkit Bhayangkara Mappaoddang Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

 

Kata Kunci:    Jejaring layanan kesehatan, kualitas layanan, keefektifan organisasi.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 324 times | PDF view : 301 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Ilmu Administrasi Publik



Diterbitkan oleh:

Program Studi Ilmu Administrasi Publik

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

 

JIAP Index By:

                 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.