Problem Batin Perempuan dalam Novel Perempuan Yang Menangis Kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo Perspektif Psikologi Feminis

Sadriah Sadriah(1*), Juanda Juanda(2), Suarni Syam Saguni(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/.v2i2.37082

Abstract


Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problem batin yang dialami tokoh utama perempuan yang terdapat dalam novel yang dijadikan sebagai sumber data yang dianalisis. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mendeskripsikan data yang diperoleh berlandaskan pada teori yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga uraian konflik batin yaitu rasa tidak berdaya, rasa perlawanan, rasa terisolasi yang menjadi problem batin yang dialami tokoh utama perempuan dalam novel Perempuan Yang Menangis Kepada Bulan Hitam akibat pendindasan budaya patriarki yang merendahkan seorang perempuan Sumba. Kebudayaan kawin culik yang menjadi jembatan seorang perempuan melakukan sebuah perlawanan untuk memberantas perlakuan yang menindas serta membuat perempuan merasa tidak berdaya dalam membebaskan dirinya sendiri. Perlawanan yang dilakukan tokoh utama perempuan dalam novel ini menjadi tombak pembuktian serta kekuatan bahwa perempuan mampu melakukan perlawanan ditengah-tengah ketidakberdayaan serta rasa terisolasi yang memenjarakan fisik dan jiwa perempuan.

 

Keywords: Problem Batin, Psikologi Feminis


Full Text:

PDF

References


Fakih, M. (2008). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: INSISPress.

Horney, K. (2007). The Neurotic Personality Of Our Time. Londong: The International Library of Psychology.

Horney, K. (1973). Feminine Psychology. Amerika Serikat: The Norton Library.

Khasanah, I. (2020). Diskriminasi Gender dan Kekerasan Pada Perempuan Dalam Novel Basirah Karya Yetti. A.KA. Universitas Pamulang: Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia.

Nugroho, B. A. (2019). Perlawanan Perempuan Terhadap Dominasi Patriarki dalam Patriarki dalam Novel Geni Jora Karya Abidah El Khalieqy Kajian Feminisme Psikoanalisis Karen Horney. Universitas Mulawarman: Jurnal Sastra Indonesia, 8 (2).

Purnomo, D. (2020). Perempuan yang Menangis Kepada Bulan Hitam. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Rohtama, Y. dkk. (2018). Perjuangan Tokoh Utama Dalam Novel Pelabuhan Terakhir Karya Roidah: Kajian Feminisme Liberal. Universitas Mulawarman: Jurnal Ilmu Budaya. 3 (2).

Wibowo, D. E. (2012). Peran Ganda Perempuan dan Kesetaraan Gender. Universitas Pekalongan, Yogyakarta: Muwazzah, 3 (1).


Article Metrics

Abstract view : 138 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.