Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Media Gambar Karikatur Siswa Sekolah Menengah Atas

Irmayanti Irmayanti(1*), Muhammad Rapi Tang(2), Idawati Garim(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/human.v2i2.37067

Abstract


Abstract: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksposisi menggunakan media gambar karikatur siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Gowa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Gowa yang berjumlah 245 siswa terbagi dalam 7 Kelas. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah instrumen tes eksposisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pembelajaran keterampilan menulis teks eksposisi menggunakan media gambar karikatur siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Gowa dikategorikan sudah mampu. Karena hasil persentase siwa yang memperoleh nilai 71 sampai 100 mencapai kriteria yang ditentukan yaitu 80%. Dari 30 jumlah sampel, 27 siswa (90%) yang mencapai nilai 71-100 dan 3 siswa (10%) yang memperoleh nilai 0-70.

 

Keywords: Karikatur, Eksposisi, Menulis.

Full Text:

PDF

References


Agustina, E. S. (2017). Pembelajaran bahasa indonesia berbasis teks: representasi kurikulum 2013. AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 18(1).

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Penerbit Rineka Cipta.

Isodarus, P. B. (2017). Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks. Sintesis, 11(1), 1-11.

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.

Mahsun. (2014). Teks Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Murdiyati, S. (2020). Peranan bahasa indonesia dalam membangun karakter generasi muda bangsa. Educatif Journal of Education Research, 2(3), 25-30.

Nasution, S., (1999), Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta: Bumi Aksara, cet-ke-3, 23

Semi, G. & Colombano, E., (Eds.). (2007). Multiculturalismoquotidiano.Le pratichedelladifferenza (Vol. 37). FrancoAngeli.

Solin, M. (2010). Peranan Bahasa Indonesia Dalam Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Bahas, 20(03).

Tarigan, H. G. (1989). Menyimak sebagai suatu keterampilan berbahasa. Penerbit Angkasa Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 129 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.