PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BEACH BALL (BOLA PANTAI) DALAM KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN SISWA
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/eralingua.v2i2.6752
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Alma, Buchari. (2008). Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif Dan Kontekstual. Jakarta: Kencana
Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Baureis, David. (2013). Eine Methode zur Identifikation erforderlicher Kompetenzen für hibryde Leistungsbündel. Bremen: EHV.
Djiwandono, Soenardi. (2008). Tes Bahasa: Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: PT Indeks.
Haling, Abdul dkk. (2007). Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Mukrimah, Syifa Siti. (2014). Metode Belajar dan Pembelajaran. Bandung: UPI.
Nurjamal, Daeng dkk. (2015). Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.
Ratna, Nyoman Kutha. (2012). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sahabuddin. (2007). Mengajar dan Belajar. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Sani, Ridwan Abdullah. (2016). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Schelle, Carla dkk. (2010). Unterricht als Interaktion: Ein Fallbuch für die Lehrerbildung. Kempten: Julius Klinkhardt.
Suyono dan Hariyanto. (2015). Belajar dan Pembelajaran Teori Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Taniredja, Tukiran dkk. (2013). Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Percetakan Angkasa.
JUFRI, J. (2007). Metode Penelitian Bahasa, Sastra dan Budaya.
Jufri, J. (2007). Metode Penelitian Bahasa. Sastra dan Budaya.
JUFRI, J. (2017). Strategi Pembelajaran Bahasa.
Qudus, M., & Yusri, Y. (2017). Keefektifan Penggunaan Metode Audio Lingual dalam Pembelajaran Kemampuan Menyimak Bahasa Jerman. Indonesian Journal of Educational Studies, 20(2).
Mantasiah, R., Juffri, J., & Yusri, Y. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Jaring Laba-Laba (Webbed) dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman. Indonesian Journal of Educational Studies, 20(2).
Mantasiah, R. (2018, June). Pay It Forward Model in Foreign Language Learning to Increase Student’s Self Efficacy and Academic Motivation. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1028, No. 1, p. 012178). IOP Publishing.
Zulfikar, Z., & Azizah, L. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Kuartet Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ma Negeri 1 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2).
Tenri, A., Asri, W. K., & Azizah, L. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Brettspiel Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas X Sma Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(1).
Romadloni, A., & Mantasiah, R. Intercultural approach in foreign language learning to improve students’ motivation. Senior Editors, 61.
Yusri, Y., Mantasiah, R., & Jufri, J. (2018). The Use Of Two Stay Two Stray Model in English Teaching to Increase Student’s Learning Outcome. Journal Of Advanced English Studies, 1(1), 39-43.
Qalbi, U. N., Mantasiah, R., Jufri, J., & Yusri, Y. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments dalam Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Indonesian Journal of Educational Studies, 20(1).
Article Metrics
Abstract view : 683 times | PDF view : 97 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Eralingua has been indexed by: