ANALISIS KESALAHAN DALAM MENGGUNAKAN POSSESIVEPRONOMEN BAHASA JERMAN
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/eralingua.v2i1.5634
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi tentang kesalahan siswa kelas XI SMAN 8 Makassar dalam menggunakan Possesivpronomen. Jenis penelitan ini adalah deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan tes menulis karangan dalam bahasa Jerman. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis kesalahan yang dikemukakan oleh Ellis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata kesalahan Possesivpronomen dalam karangan sederhana siswa adalah 50% yang berada pada kategori tinggi. Kesalahan penggunaan Possesivpronomen yang dimaksud dalam hal ini terdiri dari dua aspek diantaranya kesalahan penggunaan Possesivpronomen dalam bentuk Nominativ yaitu 71,07% dan dalam bentuk Akkusativ yaitu 28,92%. Faktor penyebab munculnya kesalahan tersebut adalah faktor performansi dan kompetensi.
Full Text:
PDFReferences
Ayuningsih, Faridhotun Dwi. 2012. Analisis Kesalahan Berbahasa pada Penulisan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas X A SMK Batik 2 Surakarta, Surakarta. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta. (Online) Diakses pada tanggal 19 Januari 2017 pada Pukul 14:02 WITA.
Azis, Abdul. 2009. Menulis Lanjut. Garut: YAF Garut Jawa Barat.
Hastuti, Sri. 2003. Sekitar Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Gema Widya.
Jufri, J. 2007. Metode Penelitian Bahasa. Sastra dan Budaya.
Jufri, J., 2017. Strategi Pembelajaran Bahasa.
Nasrianti, 2014. Kemampuan menggunakan Possesivpronomen dalam Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPS SMA N 1Alla Kabupaten Enrekang. Makassar. Skripsi. FBS UNM.
Romadloni, A., & Mantasiah, R. Intercultural approach in foreign language learning to improve students’ motivation. Senior Editors, 61.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. 2011. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa Bandung.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis. Bandung: Percetakan Angkasa.
Yusri, Y., Mantasiah, R., & Jufri, J. 2018. The Use Of Two Stay Two Stray Model in English Teaching to Increase Student’s Learning Outcome. Journal Of Advanced English Studies, 1(1), 39-43.
Article Metrics
Abstract view : 1529 times | PDF view : 78 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Eralingua has been indexed by: