KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN IMAJINATIF DALAM KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF BAHASA JERMAN SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI 3 MAKASSAR

Susana Indra Jaya(1*), Laelah Azizah(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/eralingua.v2i1.5632

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data dan informasi tentang keterampilan menulis bahasa Jerman Siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi-eksperimen (non-equivalent design)) Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XII IPA SMA Negeri 3 Makassar yang terdiri dari 7 kelas yang berjumlah 320 siswa.  Data penelitian ini diperoleh dengan tes keterampilan menulis paragraf bahasa Jerman siswa. Kemudian data dianalisis menggunakan uji-t yang menunjukkan bahwa thitung 7,70 > ttabel 1,998 dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran imajinatif efektif dalam keterampilan menulis paragraf bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Makassar

Full Text:

PDF

References


Jufri, J. 2007. Metode Penelitian Bahasa. Sastra dan Budaya.

Jufri, J., 2017. Strategi Pembelajaran Bahasa.

Mantasiah, R., Juffri, J., & Yusri, Y. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Jaring Laba-Laba (Webbed) dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman. INSANI, 20(2).

Mulyanda, dian. 2014. Kemampuan Menulis Narasi Bahasa Jerman Berdasarkan Teks Dialog Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Bajeng Kabupaten Gowa. Makassar. Skripsi. FBS UNM.

Qalbi, U. N., Mantasiah, R., Jufri, J., & Yusri, Y. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments dalam Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. INSANI, 20(1).

Qudus, M. and Yusri, Y., 2017. Keefektifan Penggunaan Metode Audio Lingual dalam Pembelajaran Kemampuan Menyimak Bahasa Jerman. INSANI, 20(2).

Romadloni, A., & Mantasiah, R. Intercultural approach in foreign language learning to improve students’ motivation. Senior Editors, 61.

Silberman. 2009. Active Learning, 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa dan Nusa Media.

Siswanto, Wahyudi dan Ariani, Dewi. 2016. Model Pembelajaran Menulis Cerita. Bandung : PT Rafika Aditama

Warda. 2013. Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMAN 3 Kabupaten Gowa. Makassar. Skripsi. FBS UNM.

Wulandari, Meirini. 2013. Pengaruh penggunaan Strategi pembelajaran imajinasi terhadap kemampuan menulis paragraf narasi sugestif siswa kelas X SMA Negeri 5 Sinjai. Skripsi. Universitas Negeri Makassar

Yusri, Y., Mantasiah, R., & Jufri, J. 2018. The Use Of Two Stay Two Stray Model in English Teaching to Increase Student’s Learning Outcome. Journal Of Advanced English Studies, 1(1), 39-43.


Article Metrics

Abstract view : 509 times | PDF view : 105 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

Eralingua has been indexed by: