ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN DEIKSIS DALAM KARANGAN SEDERHANA BAHASA JERMAN

Yusuf Tonapa(1*), Muhammad Anwar(2), Mantasiah R(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/eralingua.v2i1.5630

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi tentang kesalahan penggunaan deiksis dalam karangan sederhana bahasa Jerman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui tes menulis karangan sederhana dalam bahasa Jerman. Data yang telah diperoleh diidentifikasi dan diklasifikasi jenis kesalahannya; ditentukan tingkat kesalahannya dengan teknik persentase; menjelaskan kesalahan; memprakirakan daerah rawan kesalahan; serta mengoreksi kesalahan. Dari hasil analisis data diketahui bahwa kesalahan penggunaan deiksis persona, yang terdiri atas kesalahan penggunaan Personalpronomen dan Possesivepronomen masing-masing dengan kasus Nominativ dan Akkusativ, sebanyak 97 kesalahan (84,35%) dengan kategori tinggi sekali; kesalahan penggunaan deiksis temporal sebanyak 3 kesalahan dengan persentase 2,61% kategori hampir tidak ada kesalahan; dan kesalahan penggunaan deiksis lokasional berjumlah 15 kesalahan (13,04%) dengan kategori kurang sekali. Frekuensi kesalahan deiksis persona dalam karangan sederhana bahasa Jerman siswa lebih dominan dibandingkan dengan deiksis temporal dan lokasional.


Full Text:

PDF

References


Afifah, Lilis; Widodo, Pratomo. 2015. Kesalahan Deiksis dalam Karangan Mahasiswa pada Niveau A2 di Jurusan Sastra Jerman UM. Malang: Jurnal UM.

Jufri, J. 2007. Metode Penelitian Bahasa. Sastra dan Budaya.

Jufri, J., 2017. Strategi Pembelajaran Bahasa

Kasebae, Nurfadilla M. P. 2013. [Jurnal]: Deiksis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Banggai. Manado: Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi.

Mantasiah, R., Juffri, J., & Yusri, Y. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Jaring Laba-Laba (Webbed) dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman. INSANI, 20(2).

Qalbi, U. N., Mantasiah, R., Jufri, J., & Yusri, Y. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments dalam Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. INSANI, 20(1).

Romadloni, A., & Mantasiah, R. Intercultural approach in foreign language learning to improve students’ motivation. Senior Editors, 61.

Syamsurizal. 2015. Deiksis dalam Bahasa Pekal di Kabupaten Bengkulu Utara. [Jurnal]. Bengkulu: Jurnal Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu.

Yusri, Y., Mantasiah, R., & Jufri, J. 2018. The Use Of Two Stay Two Stray Model in English Teaching to Increase Student’s Learning Outcome. Journal Of Advanced English Studies, 1(1), 39-43.


Article Metrics

Abstract view : 860 times | PDF view : 215 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

Eralingua has been indexed by: