KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DALAM KEMAMPUAN MEMBACA MEMAHAMI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 11 MAKASSAR

Sriyani Ketong(1*), Burhanuddin Burhanuddin(2), Wahyu Kurniati Asri(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/eralingua.v2i1.5629

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data mengenai keefektifan model pembelajaran Reciprocal Teaching dalam kemampuan membaca memahami siswa. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimen (Two group pre-tes,post-tes). Populasi penelitian adalah 195 siswa dari enam kelas di kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara acak (Random Sampling). Data dianalasis dengan menggunakan analisis Uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa th 3,47 > tt 1,997 pada taraf alpha 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching efektif dalam kemampuan membaca memahami bahasa Jerman siswa.


Full Text:

PDF

References


Doolitle, PE.et al. 2006. Model Reciprocal Teaching for Reading Comprehention in Higher Education : A Strategy for Fostering the Deeper Understanding of Texts. International Jurnal of Teaching and Learning in Higher Education.

Effendi, N. 2013. Jurusan Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan, UNISMUH Sidoarjo. Pendekatan Pengajaran Reciprocal Teaching Berpotensi Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan. Vol.2 no.1. ( Diakses pada 9 April 2016)

Gessong, Triana Rista. 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Jerman melalui Penerapan Metode SQ3R bagi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Makassar: Skripsi. FBS UNM.

Hayati, Nur. 2009. Metode Reciprocal Teaching. Jakarta. Rineka Cipta.

Jufri, J. 2007. Metode Penelitian Bahasa, Sastra dan Budaya. Penerbit UNM. Makassar

Jufri, J. 2017. Strategi Pembelajaran Bahasa. Penerbit UNM. Makassar.

Mantasiah, R., Juffri, J., & Yusri, Y. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Jaring Laba-Laba (Webbed) dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman. INSANI, 20(2).

Oczuks, L. 2003. Reciprocal teaching at work: Strategies for improving reading comprehension. Newark, DE: International Reading Association. Jurnal.

Qalbi, U. N., Mantasiah, R., Jufri, J., & Yusri, Y. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments dalam Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. INSANI, 20(1).

Romadloni, A., & Mantasiah, R. Intercultural approach in foreign language learning to improve students’ motivation. Senior Editors, 61.

Sukirah. 2008. Peningkatan Pembelajaran Membaca Intensif Dengan Menggunakan Model Reciprocal Teaching Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Parigi Kabupaten Gowa. Skripsi Universitas Negeri Makassar.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Jakarta: Kencana.

Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovativ Berorientasi Konstruktivistik (Konsep, Landasan, Teoritis-Praktis Dan Implementasinya). Jakarta: Prestasi Pustaka.

Yusri, Y., Mantasiah, R., & Jufri, J. 2018. The Use Of Two Stay Two Stray Model in English Teaching to Increase Student’s Learning Outcome. Journal Of Advanced English Studies, 1(1), 39-43.


Article Metrics

Abstract view : 1043 times | PDF view : 485 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Flag Counter