HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN TATA BAHASA JERMAN DENGAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPTIF SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PALOPO

Desi Sugiarti(1*), Muddin Muddin(2),

(1) universitas negeri makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penguasaan tata bahasa Jerman dengan keterampilan menulis paragraf deskriptif kelas XI SMA Negeri 1 Palopo. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dengan tes tertulis dan dianalisis melalui korelasi Product Moment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA yang berjumlah 350 orang. Populasi penelitian dipilih melalui teknik Random Sampling. Berdasarkan hasil analisis data melalui korelasi Product Moment, diperoleh hasil rhitung = (0,240) < rtabel = (0,334), hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara penguasaan tata bahasa Jerman dengan keterampilan menulis paragraf deskriptif siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Palopo

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Clamer, F & Heilman, E.G. 2002.Deutsch als Fremdsprache (Übungsgrammatik für die Grundstufe). Germany-Dartmann: Verlag Liebaug.

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis, Cetakan Ketiga. Jakarta: Rajawali Pers.

Damayanti, Rini. 2015.Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Surabaya.

Destari, Pramita. 2013. Kontribusi Penguasaan Struktur Kalimat dan Kosa Kata Terhadap Kemampuan Menulis Baha Jerman Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Palangkaraya. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Djiwandono, M. Soenardi. 2008. Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa.Jakarta. PT Indeks.

Enre, Fachrudin Ambo. 1988. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Jakarta: Depdikbud.

Fitriani, Lia. 2014. Kontribusi Penguasaan Gramatika Bahasa Jerman Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri Sedayu Bantul. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Komaidi, Didik. 2007. Aku Bisa Menulis. Yogyakarta: Sabda Media.

Mantasiah, R. 2016. Kohesi Dalam Wacana Buku Kontakte Deutsch: Suatu Kajian Analisis Wacana (Cohesion in Discourses of Kontakte Deutsch Book: a Study of Discourse Analysis). SAWERIGADING, 15(3), 336-348.

Mulyati, Sri. 2015. Pengaruh Penguasaan Kosakata, Penguasaan Gramatik dan Kecerdasan Emosional terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Imogiri Bantul. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Nurmiati, N., & Mantasiah, R. 2017. Keefektifan Penggunaan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer-Teaching) Dalam Kemampuan Membaca Memahami Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(1).

Pringgawidagda, Suwarna. 2002. Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta : Adicita Karya Nusa.

Rahman, Niaryanti. 2015. Hubungan Antara Penguasaan Gramatik Dengan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman UNM: tidak diterbitkan.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Djago. 2014. Membina Keterampilan Menulis Paragraf dan Pengembangannya. Bandung: Angkasa Bandung.

Tarigan, H.G. 2013.Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Wiyanto, Asul. 2004. Menulis Paragraf. Jakarta: Gramedia




DOI: https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4406

Article Metrics

Abstract view : 280 times | PDF view : 158 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.