KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWERS DALAM MENINGATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MEMAHAMI BAHASA JERMAN KELAS XI IPA SMA NEGERI 11 MAKASSAR

Mayawi Muchtar(1*), Syukur Saud(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i1.2993

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk memeroleh data keefektifan strategi pembelajaran aktif Tipe Giving Questions and Getting Answers dalam kemampuan membaca memahami bahasa Jerman kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar. Jenis penelitian ini adalah Quasy Eksperimen (non-equivalent design). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar berjumlah 161 siswa dari enam kelas. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara acak (random sampling) yaitu siswa kelas XI IPA 4 yang berjumlah 23 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 5 yang berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan analisis uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung 7,43 > ttabel 2,015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran aktif tipe giving questions and getting answers efektif dalam kemampuan membaca memahami bahasa Jerman siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar

Full Text:

PDF

References


Ashari, Muhammad Fatkhan. 2012. Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer.http://fatkhan – ashari – fisip 11. Web.unair.ac.id/. Diakses pada 23/10/2013.

Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsini. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Djiwandono, Soenardi. 2011. Tes Bahasa Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: Indeks.

Gessong, Triana Rista. 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Memahami Teks Bahasa Jerman melalui Penerapan Metode SQ3R bagi XI IPS SMA Negeri 1 Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Makassar : Skripsi FBS UNM.

Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran Makassar : Badan Penerbit UNM.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Hamalik, Qamar. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2013. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Indah Nur. 2014. Kemampuan Membaca Memahami Teks Bahasa Jerman Siswa XI SMA Negeri 3 Makassar : Skripsi FBS UNM.

Kueker, Dong. 2005. Inviting Students to the Active Learning Process. ProQues Agricultur Journalis. 77/6: 11.

Miller, Wolfgang. 1985. Duden Bedeutung Wörterbuch. Mannheim : Mayers Lekxikanuverlag.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Purwanto, Ngalim. 2012. Prinsip – Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Rosda.

Silberman, Mel. 2009. Aktive Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Pustaka Insan Mandiri

Supardi, 2013. Aplikasi Statistika Penilaian . Jakarta : Smart.

Sugiarni. 2008. Kemampuan Membaca Memahami Bahasa Jerman Siswa SMA Negeri 3 Makassar. Makassar : Skripsi FBS UNM.

Suprijono, A. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Suharyanti. 2013. Peningkatan Kemampuan Membaca Memahami Melalui Teknik Cloze pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 10 Makassar.Skripsi. Fakultas Bahasa dan Sastra. Universitas Negeri Makassar.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Widyastuty Hilda. 2013. Kemampuan Membaca Memahami Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Makassar. Makassar : Skripsi FBS UNM.

Yesra Anna K.K. 2011. Peningkatan Kemampuan Membaca Memahami Isi Bacaan Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Dharma Yadi Makassar. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Sastra. Universitas Negeri Makassar.

Zaini, Hisyam dkk. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani.

Zaini, Hisyam dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani.

Zaini, Hisyam dkk. 2009. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani.


Article Metrics

Abstract view : 512 times | PDF view : 193 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

Eralingua has been indexed by: