KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA BRETTSPIEL DALAM KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 MAKASSAR

Andi Tenri(1*), Wahyu Kurniati Asri(2), Laelah Azizah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i1.2990

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk memeroleh data dan informasi mengenai keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa dengan media Brettspiel.Penelitian ini adalah penelitian Quasi-eksperimen yang pengumpulan datanya melalui tes keterampilan berbicara.Data dianalisis dengan uji-t. Populasi penelitian adalah siswa kelas X yang berjumlah 132 siswa dari tujuh kelas. Sampel dalam penelitian dipilih secara. Data dianalisis menggunakan analisis Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung 6,16  ttabel  2,042 pada taraf signifikan 0,05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa media Brettspiel efektif dalam keterampilan berbicara siswa kelas X SMA Negeri 11 Makassar

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2013. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Angkowono, R dan A. Kosasih. 2007.Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grasindo.

Ardiansyah, Sulabdi. 2014. Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Makassar. Skripsi. FBS: UNM.

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Ampa, A.P., Basri, M dan Andriani, A.A. 2013. The Development Of Contextual International Journal Of Education An Research. 1 (9).

Bolton, Silbylle. 1991. Problem der Leistung München: Goethe Institut Langendscheid.

Bosch, Robert. 2004. Im Sprachunterricht spielen? Aber Ja!. München: Herstellung J. Gotteswinter GmbH.

Dauvillier, Christa, Dorothea Lévy-Hillerich. 2004. Spiele im Deutschunterricht. Berlin: Goethe Institut.

Djiwandono, Soenardi. 2011. Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: Indeks.

Iskandarwassid & Sunendar, D. 2013. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Juwita. 2015. Keefektifan Media Puzzle Picture Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMAN 11 Makassar. Makassar : UNM

Kurniawati, Heti. 2006. Penggunaan Media Brettspiel 4 Gewinnt Dalam Pengajaran Bahasa Jerman. http:// dc225. 4shared. com. doc/ eHAmJuec/ preview_html. Di unduh pada tanggal 18 Juni 2016.

Maywald, Anke. 2009. Profesionalisierung sozialer Arbeit durch Qualitätsmanagement Eine Studie. Hamburg: Diplomatica Verlag.

Musfiqon, HM. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Neuner, Gerhard. 2006. Fertigkeit Sprechen. München: Manuela Beisswenger, Mechtild Gerdes.

Nurjamal, Daeng. Dkk. 2011. Terampil Berbicara. Bandung: Alfabeta.

Nurjamal, Daeng. 2013. Terampil Berbicara. Bandung:Alfabeta.

Prastiyani. 2013. Keefektifan Penggunaan Media Brettspiel 4 Gewinnt Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks BahasaJerman Peserta Didik Kelas Xi Sma Negeri 1 Sedayu Bantul. Yogyakarta: UNY.

Rai, I Gusti Agung. 2008. Audit Kinerja pada Sektor Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Sanaky, Hujair AH. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Steinig, Wolfgang dan Huneke Hans–Werner. 2011. Sprachdidaktik Deutsch. Berlin. Erich Schmidt Verlag.

Sudjana, 2005. Metode Statistika, Edisi 6. Bandung: tarsito.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Smart.

Tahang, Hidayat. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-op Co-op dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Pinrang.Skripsi. Makassar : UNM

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicarasebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.


Article Metrics

Abstract view : 1268 times | PDF view : 738 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

Eralingua has been indexed by: