KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT SENTENCE DALAM KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 12 MAKASSAR

Ikawati Awing(1*), Nurming Saleh(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi mengenai keterampilan menulis karangan deskripsi bahasa Jerman siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Makassar dengan model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan bentuk control group pretest and posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Makassar yang terdiri dari 7 kelas. Jumlah sampel adalah 24 siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 24 siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol melalui sample acak. Data penelitian ini diperoleh melalui teks keterampilan menulis dan dianalisis dengan uji-t.Hasil analisis data thitung2,45> ttabel2,013 dengan taraf signifikan α = 0,05 dan menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis karangan deskripsi bahasa Jerman siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Makassar

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.

Akhadiah, Sabarti. 2003. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar.2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Arends, Richard. 2008. Learning to Teach. Americas New York: McGraw-Hill Companies.

Arifin, Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astrum, Megawati. 2009. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bandung: PT. Refika Aditama.

Darwis. 2014. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Deporter, Bobby dan Hernacki, Mike. 2010. Quantum Learning. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Djiwandono, Soenardi. 2008. Tes Bahasa Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: Indeks.

Gie, T. L. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi.

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hammoud, Antje dan Ratzki, Anne. 2009. Fremdsprache Deutsch Kooperatives Lernen. München: Max Heuber Verlag.

Harmer, Jeremy. 2004. How to Teach Writing. New York: longman.

Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

____________. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jauhari, Heri. 2013. Terampil Mengarang. Bandung: Nuansa Cendekia.

Jufri. 2001. Prinsip-Prinsip Strategi Pembelajaran Bahasa. Makassar: State University of Makassar.

Junus, Muhammad. 2011. Keterampilan Berbahasa Tulis. Makassar: Badan Penerbit Umum.

Komaidi, Didik. 2011. Panduan Lengkap Menulis Kreatif. Yogyakarta: Sabda Media.

Komalasari. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Rafika Aditama.

Komara, Endang. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munira. 2003. Menulis I. Makassar. UNISMUH.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Nurjamal, Daeng. 2010. Penuntun Perkuliahan Bahasa Indonesia. Bandung: Alfabeta.

Nurudin. 2007. Dasar-dasar Penulisan. Malang: Umm Press.

Purwanto, M. Ngalim. 2012. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Semi, M, Atar. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Steets, Angelika dan Ehlich, Kohard. 2003. Wissenschaftlich Schreiben. Lehren und Lernen. Berlin: Water Groyter.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suhadi. 2007. Memenangkan Lomba Mengarang. Jakarta: Balai Pustaka.

Sulistiyowati, A. 2007. Efektivitas Penggunaan Media Film “Hallo Berlin” Terhadapa Kemampuan Menulis Siswa Kelas XI Bahasa di SMA Negeri 7 Malang. Skripsi. FBS Malang.

Supardi. 2013. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: Smart.

Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

______________. 2009. Sistem Pengendalian Menejemen Edisi Pertama. Yogyakarta. BPFE.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Thoifah. 2015. Statistika Pendidikan dan Metode Penelitian Kuantitatif. Malang: Madani Media.

Yamit, Zulian. 2013. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa Edisi Kedua. Yogyakarta: Ekonisia.

Zainurrahman. 2011. Menulis: Dari Teori Hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i1.2987

Article Metrics

Abstract view : 284 times | PDF view : 476 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.