KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PUZZLE DALAM KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI MAN 1 MAKASSAR

Sunarti Sunarti(1*), Ambo Dalle(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i1.2986

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk memeroleh data dan informasi tentang keefektifan penggunaan media gambar puzzle dalam keterampilan menulis kalimat sederhana bahasa Jerman siswa kelas XI MAN 1 Makassar. Desain penelitian ini adalah True Eksperimen (two grouppretest-posttestdesign). Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MAN 1 Makassar. Sampel dalam penelitian dipilih secara acak (random sampling) yakni siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Data dianalasis dengan menggunakan analisis Uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa th 6,134 > tt 2,003 pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar puzzle efektif dalam keterampilan menulis kalimat sederhana bahasa Jerman siswa kelas XI MAN 1 Makassar

Full Text:

PDF

References


Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Al-Azizi. 2010. Ragam Latihan Khusus Asah Ketajaman Otak Anak Plus Melejitkan Ingatannya. Jogjakarta: Diva Press

Anonim. 2006. Kurikulum KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Bahasa Jerman.Jakarta: Depdikbud Balai Pustaka.

Arifin, E. Zainal dan S. Amran Tasai. 2010. Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Buttner, Amy. 2013. Aktivitas Permainan dan Strategi Penilaian untuk Kelas Bahasa Asing. Jakarta: PT. Indeks.

Chaer, Abdul. 2006. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dalman. 2013. Penulisan Populer. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Danim, Sudarwan. 2013. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djiwandono, Soenardi. 2011. Tes Bahasa. Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Edisi 2. Jakarta: Indeks.

Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi.

Haerani. 2013. Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Jerman melalui Media Gambar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Ismail, Andang. 2012. Education Games. Yogyakarta: Pro-U Media.

Jamil, Sya’ban. 2012. 56 Games untuk Keluarga. Jakarta: Republika.

Jufri. 2002. Prinsip-Prinsip Strategi Pembelajaran Bahasa. Makassar: State University of Makassar Press.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Nasaruddin, Nasmiati. 2011. Keefektifan Strategi Mencari Pasangan (Make a Match) dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi Siswa Kelas XI SMKN 4 Jeneponto. Tesis. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Rahmanelli. 2007. “Efektivitas Pemerian Tugas Media Puzzle dalam Pembelajaran Geografi Regional.” Jurnal Pelangi Pendidikan. Vol.2 (1): 23-30.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Smart.

Sulistiyowati, Atik 2007. Efektivitas Penggunaan media film “hallo Aus Berlin” terhadap Kemampuan menulis Siswa kelas XI Bahasa di SMAN 7 Malang. Skripsi. FBS Malang.


Article Metrics

Abstract view : 570 times | PDF view : 497 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

Eralingua has been indexed by: