KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 2 SUNGGUMINASA

Zulhana Zulhana(1*), Misnawaty Usman(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan data dan informasi tentang keefektifan model pembelajaran berbasis proyek dalam keterampilan berbicara bahasa Jerman Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 2 Sungguminasa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang menggunakan tes keterampilan berbicara dan perlakuannya menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 2 Sungguminasa. Sampelnya adalah siswa kelas X MIA 2 berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIA 4 berjumlah 30 sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan ialah sampel acak. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa th (10,128) > tt (2,002) dengan taraf alpha (α) 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek efektif dalam keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas X MIA SMA Negeri 2 Sungguminasa.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Arifin, Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Azwar, M. 2011. Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa SMA Negeri 1 Sungguminasa Melalui Pembelajaran Kontekstual. Makassar: UNM. Skripsi.

Gaffar, Umar. 2013. Kemampuan Berbicara Bahasa Jerman Dalam Bidang Perhotelan Siswa SMK Negeri 6 Makassar. Makassar: UNM. Skripsi.

Harwanegg, Cornelia. 2010. Richtiges Sprechen in Alltag und Beruf: Warum gute Aussprache unser Selbstbewusstein stärkt.Books on Demand.

Iskandarwassid & Sunenda, Dadang. 2013. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran

Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Kurniawati, Nia. 2011. Penerapan Metode Rollenspiel Untuk Mengingkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sungguminasa. Makassar: UNM. Skripsi.

Majid, Abdul & Rochman, Chaerul. 2014. Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ningsih, Lilik, dkk. 2014. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Kartu Gambar Berseri Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Murid Kelas IV, (Online), (http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/ viewFile/4849/4926, diakses 11 Januari 2016).

Nurgiyantoro,Burhan. 2012. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Oktaviani, Coryna. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Indikator Alami Di Kelas XI IPA SMAN 4 Banda Aceh. Banda Aceh: UNSYIAH. Skripsi.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudewi, dkk. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas X Multimedia 3 SMK Negeri 1 Sukasada, (Online), Vol.3, (http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_tp/article/view/ 1038/786 , diakses 17 Oktober 2015).

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Thau-Knudsen, Erik. 2013. Sprechfertigkeit in handelndem Sprachband, (Online), (http://www.thau-knudsen.dk/dokumenter/interne/index.php?id=544, diakses 10 Januari 2016).

Thoifah, I´anatut. 2015. Statistika Pendidikan dan Metode Penelitian Kuantitatif. Malang: Madani.

Turyantana, I Ketut. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Tercapainya Ketuntasan Hasil Belajar Menulis Karya Ilmiah Siswa Kelas XI SMA Saraswati Seririt, (Online), Vol.1, No.2, (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php /JJPBS/article /view/ 363, diakses 17 Oktober 2015).




DOI: https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i1.2984

Article Metrics

Abstract view : 329 times | PDF view : 504 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.