PENGARUH WAKTU BELAJAR DAN METODE BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA STIE TRI DHARMA NUSANTARADI MAKASSAR

Ronny Ahmad Asirie(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengindentifikasi pengaruh waktu belajar dan metode belajar terhadap hasil belajar mahasiswa STIE Tri Dharma Nusantara di Makassar.Sampel sebanyak 60 mahasiswa yang diambil secara acak dari kelas pagi dan kelas malam sebanyak empat kelas melalui data primer berita acara ujian final semester II tahun akademik genap 2015-2016, matakuliah PKN. Pengujian pada penelitian menggunakan analisis ANAVA dua jalur (Two Way Anova) dan desain faktorial treatment by treatment factorial 2x2, yakni elaborasi dari desain true-experimental dengan mengizinkan penyelidikan terhadap dua atau lebih variabel,secara individual dan dalam interaksi satu sama lain.Hasilnya menunjukkan ada perbedaan hipotesis Y antara A1 dengan A2 khusus untuk kelompok B2 dan hipotesis Y antara B1 dan B2 khusus kelompok A2.

Kata Kunci : Waktu Belajar, Metode Belajar dan Hasil Belajar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 187 times | PDF view : 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.