PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP KINERJA GURU EKONOMI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KABUPATEN GOWA

Muhammad Hasan(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Gowa. Dalam penelitian ini, populasinya adalah guru ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Gowa yang tersebar di 21 Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Gowa yang berjumlah 39 orang. Adapun teknik pengambilan sampel yang penulis gunakan yaitu teknik sampling jenuh dimana semua populasi dijadikan sampel yaitu guru ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Gowa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, untuk pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kualitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal, dimana penelitian asosiatif kausal adalah penelitian yang bertujuan untuk menganalisis hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya atau bagaimana suatu variabel (X) mempengaruhi variabel lain (Y). Analisis regresi sederhana digunakan untuk mengetahui besarnya pengaruh Kompetensi Profesional Guru (X) terhadap Kinerja Guru Ekonomi (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kompetensi Profesional guru ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Gowa berada pada kategori yang sangat tinggi; (2) Kinerja guru ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Gowa berada pada kategori sangat tinggi; dan (3) Kompetensi profesional yang diukur oleh kinerja guru ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Gowa memiliki kontribusi positif dan signifikan tetapi memiliki hubungan yang lemah antara variabel Kompetensi Profesional Guru dan variabel Kinerja Guru ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Gowa.

Kata Kunci : Kompetensi Profesional, Kinerja


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 4341 times | PDF view : 2020 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.