PENGARUH MOTIF BELANJA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN BEKAS DI PAREPARE

Fitriana .(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motif belanja yang terdiri dari motif belanja hedonis dan motif belanja utilitarian terhadap keputusan pembelian pakaian bekas di Parepare serta menganalisis variabel mana yang lebih dominan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pakaian bekas di Parepare. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Parepare dengan sampel responden yang pernah atau sering membeli pakaian bekas yang berjumlah 120 orang. Analisis data yang digunakan yaitu secara deskriptif untuk menjelaskan data penelitian. Sedangkan untuk menganalisis data kuantitatif menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motif belanja hedonis dan motif belanja utilitarian secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pakaian bekas di Parepare. Sedangkan secara parsial variabel motif belanja hedonis berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian pakaian bekas di Parepare. Nilai koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa variabel independen yang diteliti mampu menjelaskan 30,4 % terhadap keputusan pembelian pakaian bekas di Parepare. Sedangkan sisanya 69,9 % dijelaskan oleh variabel independen lainnya yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Motif Belanja, Motif Hedonis, Motif Utilitarian, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 238 times | PDF view : 412 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.