STRATEGI PEMASARAN PRODUK ABON IKAN TONGKOL BUMDES LAGUNCI DI DESA BAHARI TIGA KECAMATAN SAMPOLAWA KABUPATEN BUTON SELATAN
(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran abon ikan tongkol BUMDES Lagunci di Desa Bahari Tiga Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan dan analisis internal dan eksternal strategi pemasaran abon ikan tongkol BUMDES Lagunci di Desa Bahari Tiga Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan. Data yang digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemasaran produk abon ikan tongkol adalah dengan melakukan wawancara pembuat abon ikan tongkol BUMDES Lagunci. Sedangkan strategi pemasaran dengan menggunakan analisis SWOT faktor eksternal industri rumah tangga masyarakat BUMDES Lagunci terdiri dari 1) Peluang usaha abon ikan tongkol yang didukung : a). dekat dengan bahan baku, b). keperluan akan tenaga kerja selalu tercukupi, c). adanya dukungan dari pihak pemerintah, d). akses kredit mudah, e). kemudahan dalam mendapatkan izin usaha. 2) Ancaman usaha abon ikan tongkol adalah : a). perubahan cuaca dan iklim, b). pesaing dari usaha sejenis, c). produk abon ikan tongkol belum dikenal oleh masyarakat luas. Faktor internal BUMDES Lagunci terdiri dari 1) Kekuatan usaha abon ikan yang didukung: a). adanya kerjasama kemitraan, b). tenaga kerja yang terampil, c). harga produk yang terjangkau, d). keunggulan produk (cita rasa dan kemasan), e). sarana dan prasarana yang memadai. 2) Kelemahan usaha abon ikan adalah : a). pemanfaatan sosial media yang kurang maksimal, b). belum adanya pabrik pembuatan kemasan, c). tuntutan dari konsumen untuk dilayani dengan baik, d). minimnya kegiatan promosi, e). wilayah distribusi masih terbatas.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Abon Ikan Tongkol
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 765 times | PDF view : 49 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.