STRATEGI PEMASARAN PARIWISATA DI KABUPATEN TORAJA UTARA PROVINSI SULAWESI SELATAN

Hikmah Hikmah(1*), Nurdin Nurdin(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pariwisata di Kabupaten Toraja Utara Provinsi Sulawesi Selatan. Dalam perspektif pemasaran, dasar dan tujuan utama pemasaran adalah penciptaan nilai bagi konsumen (wisatawan). Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT serta matriks EFAS dan IFAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan yang paling menonjol pada faktor internal di Kabupaten Toraja Utara adalah adanya kegiatan dan fasilitas hotel, atraksi wisata, program konservasi terhadap alam dan aktivitas budaya masyarakat. Sedangkan kelemahan yang harus mendapat perhatian serius ada dua hal yakni kebersihan dan kurangmampuan sumber daya manusia dalam berkomunikasi dengan wisatawan asing. Sedangkan yang menjadi peluang dalam pemasaran Kabupaten Toraja Utara yang paling menonjol adalah pengaruh perekonomian global, dampak positif terhadap pelestarian budaya lokal dan dukungan masyarakat lokal dalam industri pariwisata. Sedangkan untuk ancaman yang paling menonjol dan diperhatikan untuk dihindari adalah daya saing kompetitor dan kebijakan pemerintah daerah.

Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Pariwisata, Kabupaten Toraja Utara


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 378 times | PDF view : 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.