Pojok Literasi sebagai Upaya Peningkatan Literasi Anak Usia Dini

Rahmawati Syam(1*), Syamsul Bakhri Gaffar(2), Novita Maulidya Jalal(3),

(1) Jurusan Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/dedikasi.v24i1.33581

Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah ibu-ibu yang memiliki anak usia dini di Desa Bonto Bulaeng, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Masalahnya adalah: (1) Generasi milenial atau anak yang terlahir di era teknologi memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap gawai baik untuk bermain games maupun pencarian informasi melalui media internet. (2) tidak terdapat fasilitas berupa ruang literasi bagi anak sebagai tempat untuk menambah hasanah kelimuan (3) kurangnya stimulasi yang diberikan oleh orang yang lebih dewasa untuk menumbuhkan minat baca anak usia dini. Sasaran dari pengabdian ini adalah anak usia dini yang tinggal di sekitar lokasi pengabdian . Metode yang digunakan adalah: penyiapan sarana berupa ruang terbuka yang kemudian dijadikan pojok literasi, stimulasi membaca buku cerita, games, bernyanyi lagu literasi, dan storytelling. Hasil yang dicapai adalah (1) ketersediaan ruang baca yang disebut pojok literasi bagi anak usia dini, (2) anak- anak menjadi tertarik untuk mengenal dan membaca buku (3) Pemberian stimulasi untuk melatih otorik halus dan kasar anak usia dini serta kerja sama yang terbentuk dengan mitra sehingga sumber bacaan terus bertambah dengan digemanya gerakan literasi sebelum sekolah di sekitar lokasi pengabdian.
 
Kata kunci: pojok literasi, anak usia dini, literasi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 408 times | PDF view : 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.