Psikoedukasi Peran Guru PAUD dalam Kegiatan Parenting di Masa Pandemi Covid-19 (Ditinjau dari Aspek Psikososial dan Emosional Anak Usia Dini)

Eka Sufartianinsih Jafar(1*), Annisa Shalshabila Putri Agam(2), Asyrifah Ainun Jemma(3), Ayu Apriyani(4), Agus Agus(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/dedikasi.v23i2.26573

Abstract


Abstrak. Tujuan dilakukannya psikoedukasi mengenai peran guru PAUD dalam kegiatan parenting dimasa pandemi covid-19 (ditinjau dari aspek psikososial dan emosional anak usia dini) yaitu untuk memberikan pemahaman kepada para peserta khususnya kepada para guru PAUD dan orang tua yang memiliki anak usia dini mengenai pentingnya memperhatikan psikososial dan emosional anak usia dini, dimana guru PAUD dan orang tua harus bekerja sama dalam pembelajaran anak usia dini. Karena dimasa pandemi covid-19 ini memiliki dampak yang besar terhadap dunia pendidikan, dimana yang pada awalnya pembelajaran dilakukan secara tatap muka sekarang harus melalui pembelajaran dalam jaringan (daring) melalui beberapa wadah perantara seperti WhatsApp, Zoom Meeting, dan lain sebagainya. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah: 1) Analisis kebutuhan, digunakan untuk mencari tahu masalah yang terjadi dilapangan; 2) Pelaksanaan webinar psikoedukasi secara daring, digunakan dengan harapan agar para peserta bukan hanya sekedar mengetahui materi webinar tapi juga menerapkannya; dan 3) Tanya jawab dan diskusi, digunakan untuk saling menanggapi dan berbagi ilmu satu sama lain mengenai kegiatan pembelajaran selama pandemi pada anak usia dini dan perkembangan psikososialnya. Hasil yang didapatkan dari webinar psikoedukasi ini adalah para peserta juga sangat antusias dalam mengikuti kegiatan webinar ini dibuktikan dengan beberapa komentar yang mengatakan bahwa mengingkan diadakannya webinar lanjutan. Selain itu, peserta webinar juga responsif dalam menaggapi pemateri, hal ini dibuktikan dengan peserta yang aktif dalam sesi tanya jawab dan diskusi yang dilakukan selama kegiatan berlangsung.

 

Kata kunci: Peran Guru PAUD, Parenting, Anak Usia Dini, Psikososial dan Emosional


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 201 times | PDF view : 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.