KONTRIBUSI DAYA LEDAK TUNGKAI DAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS DALAM PERMAINAN SEPAKTAKRAW PADA SISWA SMA NEGERI 1 PINRANG

. Herman H(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/com.v4i1.693

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi daya ledak tungkai dan kekuatan tungkai terhadap kemampuan servis dalam permainan sepaktakraw pada siswa SMA Negeri 1 Pinrang. Agar lebih terarah pelaksanaan pengumpulan data penelitian, maka perlu diberi batasan operasional tiap variabel yang terlibat yaitu (1) Daya ledak tungkai yang dimaksud adalah kemampuan otot tungkai untuk berkontraksi dengan secara maksimal dalam waktu yang sangat singkat, dalam hal ini tes yang digunakan untuk mengukur daya ledak tungkai adalah tes lompat jauh tanpa awalan, (2) Kekuatan otot tungkai yang dimaksud adalah kemampuan otot tungkai untuk melakukan kontraksi guna membangkitkan tegangan terhadap suatu tahanan. Kekuatan otot tungkai diukur dengan menggunakan alat yaitu half squat jump, dan (3) Kemampuan servis dalam permainan sepaktakraw yang dimaksud adalah kecakapan seseorang melakukan servis dengan menggunakan kaki dengan bola melewati net atau menyeberang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Pinrang dengan jumlah sampel penelitian 40 orang siswa yang dipilih secara random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi dan regresi dengan menggunakan sistem SPSS Versi 15.00 pada taraf signifikan 95% atau  a 0,05. Bertolak dari hasil  analisis data, maka penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Ada kontribusi daya ledak tungkai dengan kemampuan servis dalam permainan sepaktakraw, dengan kontribusi sebesar 44.0%, (2) Ada kontribusi kekuatan otot tungkai dengan kemampuan servis dalam permainan sepaktakraw, dengan kontribusi sebesar 51.8%, dan (3) Ada kontribusi antara daya ledak tungkai dan kekuatan otot tungkai dengan kemampuan servis dalam permainan sepaktakraw, dengan kontribusi sebesar 51.9%.

Kata Kunci: daya ledak tungkai, kekuatan otot tungkai, servis sepaktakraw

ABSTRACT

This study aims to determine the contribution explosive leg power and leg strength on the ability of services to students in the game sepaktakraw Pinrang SMA 1. To be more focused implementation of the research data collection, it is necessary given the operational constraints of each variable involved: (1) explosive leg power in question is the ability of the leg muscles to contract maximally in a very short time, in this case the tests used to measure power explosive leg is a long jump test with no prefix, (2) leg muscle strength is the ability to do the leg muscle contractions in order to raise the voltage to a prisoner. Leg muscle strength was measured using a tool that is half squat jump, and (3) The ability of service in sepaktakraw game in question is a person's ability to service by using leg with a ball over the net or cross. This study includes a descriptive type of research. The study population was all students Pinrang SMA 1 with a sample of the study 40 students chosen at random sampling. Data analysis techniques used were correlation and regression analysis techniques using SPSS system version 15:00 on 95% or a significant level  of a0.05. Starting from the results of data analysis, the study concluded that: (1) There is a contribution to the limb explosive power in the game sepaktakraw service capabilities, with a contribution of 44.0%, (2) There is a contribution to the ability of leg muscle strength in the game sepaktakraw service, with contributions amounting to 51.8%, and (3) There is a contribution of explosive leg power and leg muscle strength with the ability to serve in the game sepaktakraw, with a contribution of 51.9%.

Key Words: Explosive Leg Power, Leg Muscle Strength, Sepak Takraw Service


Article Metrics

Abstract view : 1255 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



COMPETITOR IS LICENSED BY :

 Creative Commons License COMPETITOR is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


COMPETITOR EDITORIAL LOCATION :

 width= Kampus FIK Banta Bantaeng, Jalan Wijaya Kusuma Nomor 14, Rappocini, Makassar, Postal Code 90222


COMPETITOR IS INDEXED BY