HUBUNGAN ANTARA KECEPATAN DAN KELINCAHAN DENGAN KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA SMA NEGERI 1 MATTIRO SOMPE KABUPATEN PINRANG

. Hasyim(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/com.v3i3.678

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan kecepatan dengan kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola, (2) hubungan kelincahan dengan kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola, dan (3) hubungan antara kecepatan dan kelincahan dengan kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang dengan jumlah sampel penelitian 60 orang siswa putra yang dipilih secara random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi dan regresi dengan menggunakan sistem SPSS Versi 15.00 pada taraf signifikan 95% atau  a0,05. Bertolak dari hasil  analisis data, maka penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Ada hubungan yang signifikan kecepatan dan kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola, terbukti nilai r0 = 0,590 (P < 0.05), (2) Ada hubungan yang signifikan kelincahan dengan kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola, terbukti nilai r0 = 0,737 (P < 0.05), dan (3) Ada hubungan yang signifikan antara kecepatan dan kelincahan dengan kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola, terbukti nilai R0 = 0,749 (P < 0.05). Penguasaan bola bagi seorang pemain sangat dituntut agar hasil yang dicapai dapat maksimal. Oleh karena itu kecepatan lari dan kelincahan yang dimiliki seorang pemain akan membantu pergerakan-pergerakan yang akurat, tentunya kemampuan untuk melakukan teknik menggiring bola akan dapat dimiliki dengan baik. Teknik dasar menggiring bola tidak dapat tercapai dengan baik bila kemampuan akselarasi dalam melakukannya tanpa adanya dukungan kecepatan lari dan kelincahan. Untuk itu dalam melakukan teknik menggiring bola dalam permainan sepakbola, kelincahan adalah kemampuan bergerak dengan mengubah arah secara tiba-tiba, kecepatan membantu mengantisiapsi bola untuk dapat diambil secepat mungkin.

Kata Kunci : Kecepatan, Kelincahan, Menggiring Bola dalam Permainan Sepakbola

ABSTRACT

This study aims to determine (1) connection speed with the ability to dribble the football game, (2) the relationship agility with the ability to dribble the football game, and (3) the relationship between speed and agility with the ability to dribble the football game. This study includes a descriptive type of research. The study population was all students SMA 1 Mattiro Sompe Pinrang District with a sample of 60 students study a chosen son of random sampling. Data analysis techniques used were correlation and regression analysis techniques using SPSS system version 15:00 on 95% or a significant level of a0.05. Starting from the results of data analysis, the study concluded that: (1) There is a significant speed and dribbling abilities in the game of football, proved the value of r0 = 0.590 (P < a0.05), (2) There is a significant relationship with the agility herding ability soccer ball in the game, proved the value of r0 = 0.737 (P < a0.05), and (3) There is a significant relationship between speed and agility with the ability to dribble the football game, proved the value of R0 = 0.749 (P < a0.05). Control of the ball for a player is required in order to achieve maximum results. Therefore, the running speed and agility by a player will help movements are accurate, of course, the ability to do the dribbling techniques will be owned by both. Basic techniques of dribbling can not be achieved properly if the ability to accelerate in doing so without the support of running speed and agility. For that the dribbling techniques in the game of football, the agility is the ability to move with the changing direction suddenly, the speed of the ball to help mengantisiapsi can be taken as soon as possible.

Keywords : Speed​​, Agility, Dribbling in Football Games

Article Metrics

Abstract view : 1456 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



COMPETITOR IS LICENSED BY :

 Creative Commons License COMPETITOR is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


COMPETITOR EDITORIAL LOCATION :

 width= Kampus FIK Banta Bantaeng, Jalan Wijaya Kusuma Nomor 14, Rappocini, Makassar, Postal Code 90222


COMPETITOR IS INDEXED BY