Development of Online Learning Video Media Material for Short Distance Running (sprint) in Elementary School
(1) Nusantara PGRI Kediri University
(2) Nusantara PGRI Kediri University
(3) Nusantara PGRI Kediri University
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cjpko.v13i3.24769
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, I. (2018). Proses Pembelajaran Digital dalam Era Revolusi Industri 4 . 0 Era Disrupsi Teknologi. Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi, 1–13.
Aji, W., Dewi, F., Kristen, U., & Wacana, S. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/89
Ambaryuni, R. (2021). Peran Wali Kelas Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Kasus Di MIN 7 Ponorogo). Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasyah Ibtidaiyah, FAkultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Instiut Agama Islam Negeri Ponorogo, April. http://etheses.iainponorogo.ac.id/14461/
Anggraini, S., & Alnedral, A. (2019). Hubungan Kebugaran Jasmani Terhadap Kecerdasan Emosional Atlet Pencak Silat. Jurnal JP&O, Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 2(1), 114–118. http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/202
Aqib, Zainal. 2010. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya
Arifin, S., Rahman, T., & Azis, A. (2021). Survei Efektivitas Pembelajaran Teknik Start Jongkok Pada Materi Lari Jarak Pendek. Sriwijaya Journal Sf Sport, 1(1), 8–19. http://ejournal.fkip.unsri.ac.id/index.php/sjs/article/view/87
Chaeruman, U. A. (2017). Alur Belajar: Meningkatkan Interaktivitas Pembelajaran Daring. Seminar & Lokakarya Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi, September. https://www.researchgate.net/publication/323676111_Alur_Belajar_Meningkatkan_Interaktivitas_Pembelajaran_Daring
Damayanti, A., Suradika, A., & Asmas, B. (2020). Strategi Mengurangi Kejenuhan Anak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) melalui Aplikasi ICANDO pada Siswa Kelas I SDN Pondok Pinang 08 Pagi. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–10. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit
Djaja, S. (2016). Harapan Dan Tantangan Guru Pembelajar Moda Daring. JPE. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(2). https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/3807
Febrianti, Rima. 2016. Pembelajaran Penjasorkes Menggunakan Media Video Terhadap Minat Siswa SMP PGRI Petanahan Mempelajari Bola Voli Tahun 2014. Jurnal Ilmiah PENJAS, ISSN : 2442-3874 Vol.2 No.1, Januari 2016.
Giyatno. (2017). Penerapan Latihan Akselerasi Untuk Meningkatkan Kecepatan Lari 100 Meter Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri IV Giriwoyo. Jurnal Sportif, 3(1), 29–43. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i1.615
Hermansah, B. (2016). Pengaruh Latihan Permainan Tradisional Bentengan Terhadap Sprint 50 Meter pada Siswa Putra Kelas IV SDN 2 Indralaya Utara Ogan Ilir. Wahana Didaktika, Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(1), 29–43. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v14i1.563
Hikmat, Hermawan, E., Aldim, & Irwandi. (2020). Efektivitas Pembalajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Survey Online. Digital Library, UIN SUnan Gung Djati, Bandung, 1–7. http://digilib.uinsgd.ac.id/30625/
Hosen, Moh. 2020. Media Video You Tube Tutorial Lari Sprint Untuk Peningkatan Prestasi Belajar SMP Negeri 4 Wonomerto. Jurnal Inovasi
Imania, K. AnNisa dan Bariah, S. Khusnul. 2019. Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal PETIK Volume 5, Nomor 1, Maret 2019. P-ISSN : 2460-7363; e-ISSN : 2614-6606
Iqbal, M., Latifah, S., & Irwandani. (2019). Pengembangan Video Blog (Vlog) Channel Youtube Dengan Pendekatan Stem Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Daring. JIP, Jurnal Inovasi Pembangunan, 7(2), 135–148. https://doi.org/https://doi.org/10.35450/jip.v7i2.140
Jaliusril, Asyar, R., & Harjono, H. S. (2012). Pengembangan Media Audia-Visual Pembelajaran Lari Jarak Pendek untuk Siswa SMP. Tekno-Pedagogi, Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1), 1–21. https://online-journal.unja.ac.id/pedagogi/article/view/1395
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 1–10.
Khadijah, & Gusman, M. (2020). Pola Kerja Sama Guru dan Orang Tua Mengelola Bermain AUD Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kumara Cendekia, 8(2), 154–171. https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/41871
Kumalasari, Ristyo Dezy. 2018. “Pengembangan Variasi Permainan Materi Gerak Lokomotor Lari Pada Pembelajaran PJOK Untuk Siswa Kelas IV SDN Mulyorejo 3 Malang.” PhD Thesis. Universitas Negeri Malang
Kurniawan, Ari Wibowo. 2019. “Multimedia-Based Learning Model for Gymnastics Skills.” In 2nd International Conference on Sports Sciences and Health 2018 (2nd ICSSH 2018), Atlantis Press
Magdalena, I., Hasanah, C., & Unzhilaika, U. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Online di SDN Kampung Bambu 1. PENSA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 420–439. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa/article/view/1018
Muafa, A. (2019). Desain Pembelajaran Daring Mata Kuliah Rangkaian Digital Berbantuan Simulasi. Teknika, Engineering and Sains Journal, 3(1), 37–44. https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/teknika/article/view/298
Mulyasidhi, G., & Haq, M. S. (2021). Manajemen Kelas Dalam Kegiatan Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(1), 144–155. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/38584
Niám, N. (2019). Minat Siswa Kelas IV dan V Terhadap Pembelajaran Lari Jarak Pendek Di SD Negeri Cokro Grabag Magelang. SKRIPSI, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Penjas, Fakultas Ilmu Keolahragaan, UNiversitas Negeri Yogyakarta, 1–93. https://eprints.uny.ac.id/67364/
Nissa, Ca. A. C. (2021). Peran Guru dalam Mendukung Perkembangan Sosial Emosi Peserta Didik Pada Pembelajaran daring Di Kelas IV SD Al-Azhar I Bandar Lampung. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri, Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/15665/
Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 1(1), 56–60. https://www.prosiding.seminar-id.com/index.php/sainteks/article/view/122
Ramadhan, R., Ma’mun, A., & Mahendra, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Bermain Bolavoli Dalam Pendidikan Jasmani. Edusentris: Jurnal Ilmu Pemndidikan Dan Pengajaran, 5(1), 1–9. http://ejournal.sps.upi.edu/index.php/edusentris/article/view/290
Rimbarizki, R., & Susilo, H. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. J+Plus Unesa, 6(2), 1–12. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/19586
Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(1), 66–71. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/669
Sahabuddin, Bismar, A. R., & Ad’dien. (2020). Pengaruh Latihan Akselerasi Terhadap Kemampuan Lari 50 Meter. Jurnal SPEED, Program Studi Pendidikan Jasmani, FKIP, Universitas Singaperbangsa Karawang, 3(1), 51–57. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35706/jurnal%20speed.v3i1.3574
Satun. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Lari Cepat 100 M Melalui Metode Latihan Akselerasi. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, 2(1), 24–29. https://doi.org/https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i1.19
Setiawan, A., Yudiana, Y., Ugelta, S., Oktriani, S., Budi, D. R., & Listiandi, A. D. (2020). Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga Siswa Sekolah Dasar: Pengaruh Keterampilan Motorik (Tinggi) dan Model Pembelajaran (Kooperatif). TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 3(2), 59–65. https://doi.org/10.17509/tegar.v3i2.24513
Siman, M. (2016). Pembelajaran Moda dalam Jaringan (Moda Daring). Proceedings,The Progressive and Fun Education Seminar, Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/7868
Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Metalingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 31–34. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Adi Widya, Jurnal Pendidikan Dasar, Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar, 5(1), 61–68. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW/article/view/1306
Yhuhdi, A., & Amalia, N. (2018). Desain Media Pembelajaran Berbasis Daring Memanfaatkan Portal Schoology pada Pembelajaran Apresiasi Sastra. Journal of Chemical Information and Modeling, 7(1), 14–22. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/bss.v7i1.9320
Article Metrics
Abstract view : 145 times | PDF view : 27 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Parmi Lestari, Setyo Harmono, Atrup Atrup
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
COMPETITOR IS LICENSED BY :
COMPETITOR is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
COMPETITOR EDITORIAL LOCATION :
Kampus FIK Banta Bantaeng, Jalan Wijaya Kusuma Nomor 14, Rappocini, Makassar, Postal Code 90222
COMPETITOR IS INDEXED BY