Survey Of The Effectiveness Of Online Learning Processes In Sports Massage Courses
(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cjpko.v13i3.23525
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Z. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda.
Arikunto, S. & Jabar, C. S. A. 2010. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi.
Budiwanto, S. 2017. Metodologi Penelitian dalam Keolahragaan. Malang: UM Press.
Fadli, A. 2020. Mengenal Covid-19 dan Cegah Penyebarannya dengan “Peduli Lindungi” Aplikasi Berbasis Andorid. April, 1–6.
Firyal, R. A. 2020. Pembelajaran Daring dan Kebijakan New Normal Pemerintah. LawArXiv Papers, 1–7. Dari https://osf.io/preprints/lawarxiv/yt6qs/.
Gikas, J., & Grant, M. M. 2013. Mobile Computing Devices in Higher Education: Student Perspectives on Learning with Cellphones, Smartphones & Social Media. Internet and Higher Education, 19, 18–26. Dari https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002.
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. 2020. Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 pada Calon Guru: Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 1–10. Dari http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/.
Kuntarto, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 53–65. Dari http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/%0apembelajaran.
Kurniawan, A. W., Wahyudi, U., & Tomi, A. 2019. Pelatihan Terapi Masase untuk Karangtaruna Desa Sumbermanjing Kulon Kecamatan Pagak Kabupaten Malang. Jurnal Karinov, 2(1).
Maulana, H. A., & Hamidi, M. 2020. Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. VIII, 224–231.
Meiza, A., Hanifah, F. S., Natanael, Y., & Nurdin, F. S. 2020. Analisis Regresi Ordinal untuk Melihat Pengaruh Media Pembelajaran Daring terhadap Antusiasme Mahasiswa Era Pandemi Covid. Digital Library UIN Sunan Gunung Jati, 8. Dari http://digilib.uinsgd.ac.id/30730/1/artikel KTI final asti dkk.pdf.
Muis, A. R. C. 2020. Transparansi Kebijakan Publik Sebagai Strategi Nasional dalam Menanggulangi Pandemi Covid-19. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5). Dari https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15317.
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R.(2019. Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151. Dari https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067.
Nadziroh, F. 2017. Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran. Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual (Jikdiskomvis), 2(1), 1–14.
Novita, M. 2017. Sarana dan Prasarana Yang Baik Menjadi Bagian Ujung Tombak Keberhasilan Lembaga Pendidikan Islam. Nur El-Islam: Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan, 4(2), 102–103. Dari http://ejournal.staiyasnibungo.ac.id/index.php/nurelislam%0Ahttp://moraref.or.id/record/view/64714.
Pratiwi, E. W. 2020. Dampak Covid-19 terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. Dari http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/14921.
Sadikin, A., & Hamidah, A. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. Dari https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.
Sugiarto, T., Kurniawan, A. W., & Sugiyanto, S. 2020. Efektivitas Pembelajaran Sport Massase Berbasis Multimedia Interaktif untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 4(1), 36. Dari https://doi.org/10.17977/um040v4i1p35-43.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sulistyorini & Basoeki, H. 2013. Sport Massage: Seni Pijat untuk Atlet/Olahragawan dan Umum. Malang: Wineka Media.
Sun, P. C., Tsai, R. J., Finger, G., Chen, Y. Y., & Yeh, D. 2008. What Drives A Successful E-Learning? An Empirical Investigation of the Critical Factors Influencing Learner Satisfaction. Computers and Education, 50(4), 1183–1202. Dari https://doi.org/10.1016/j.compedu.2006.11.007.
Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. 2020. Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. Dari https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415.
Surendra, M. (2012). Masase Olahraga. Malang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.
Tholabi, A. T., & Nurhayati, F. 2017. Persepsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga terhadap Implementasi Mata Kuliah Masase Olahraga. 11–16.
Waryanto, et al. (2006). Online Learning Sebagai Salah Satu Invasi Pembelajaran. Phythagoras Jurnal Matematika Pendidikan Matematika, Vol 2 No.1.
WHO. 2020. Coronavirus Desease (COVID-19) Dashboard, (Online) , (https://covid19.who.int), diakses 26 Juni 2020.
Article Metrics
Abstract view : 212 times | PDF view : 27 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ari Wibowo Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
COMPETITOR IS LICENSED BY :
COMPETITOR is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
COMPETITOR EDITORIAL LOCATION :
Kampus FIK Banta Bantaeng, Jalan Wijaya Kusuma Nomor 14, Rappocini, Makassar, Postal Code 90222
COMPETITOR IS INDEXED BY