The Application of a Scientific Approachusing the TGT Type of Cooperative Learning Model to Improve the Learning Outcomes of Throwing and Catching Balls in Ball Kasti Games
(1) State University of Makassar
(2) State University of Makassar
(3) State University of Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cjpko.v13i2.21603
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asih, B. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Melalui Teknik Bermain Guna Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisik Peserta Didik Kelas X SMA N 1 Pundong. SKRIPSI, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan ALam, UNiversitas Negeri Yogyakarta. https://core.ac.uk/download/pdf/159118706.pdf
Bahriah, Danial, M., & Pratiwi, D. eka. (2014). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 MAN Pangkep (Materi Pokok Kelarutan, Hasil Kali Klarutan dan Koloid). Jurnal Cheima, 15(1), 94–113. https://doi.org/https://doi.org/10.35580/chemica.v15i1.4612
Benediktus. (2016). Hasil Belajar Pukulan Bola Kasti Melalui Pendekatan Media Bola Tenis di SDN 25 Bak Merat. Artikel Ilmiah, Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, Ilmu Keolahragaan, FKIP Universitas Tanjungpura, 1–11. https://media.neliti.com/media/publications/214136-hasil-belajar-pukulan-bola-kasti-melaui.pdf
Danang Setiawan, R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Dribbling Sepakbola. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(3), 564–572.
Dosinaen, M. A., Simanjuntak, V. G., & Hidasari, F. P. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Menggiring Dalam Sepakbola Melalui Cooperative Learning Type TGT. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(6), 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/41012
Jaya, M. S., Rai, I. W., & Suwiwa, I. G. (2016). Implementasi Model Kooperatif Tipe Tgt Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Teknik Passing Bola Voli. E-Journal PJKR Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–12. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/11469
Lazim Muhammad, 2013. Pendekatan Saintifik (Materi Diklat Guru Implementasi Kurikulum 2013). Jakarta: Pusat Kurikulum Depdiknas
Nurhasnah. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Bidang Studi Olahraga Materi Bola Kasti Menggunakan Permainan Kasbol (Kasti Bola Lunak) Pada Siswa Kelas IV SDN. 137957 Tanjung Balai TP. 2017/2018. Sabilarrasyad, Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan, IV(01), 148–163. http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/sabilarrasyad/article/view/950
Pawestri, I. (2013). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Memukul Bola Kasti Dengan Menggunakan Modifikasi Alat Bantu Pemukul dan Bola Pada Sisiwa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sumber IV Banjarsari Surakarta. Encephale, 53(1), 59–65. https://core.ac.uk/download/pdf/289787909.pdf
Prananda, G., & Hadiyanto. (2019). The Effect of Cooperative Learning Models of Stad Type on Class V Science Learning Learning SD. International Journal of Educational Dynamics, 1(2), 47–53. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/ijeds.v1i2.119
Puspitasari, W. D. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 58. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1100
Ramadhana, R. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tgt(teams games tournament) dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar matematika. Prosiding Seminar Nasional, 02(1), 413–421.
Riski Nugroho, D. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Motivasi Siswa Mengikuti Pembelajaran Bolavoli Di Kelas X Sman 1 Panggul Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(1), 161–165.
Salvin, Isjoni 2013. Cooperative Learning Teori, & Praktik. Bandung; Nusa Media
Sembiring, I., Tarigan, B., & Budiana, D. (2020). Model Kooperatif Team Games Tournament (TGT): Peningkatan Kreatifitas, kerjasama dan keterampilan bermain sepakbola siswa tunarungu. Edu Sportivo, 1(2), 128–140. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(2).5652
Setiawan, A., Yudiana, Y., Ugelta, S., Oktriani, S., Budi, D. R., & Listiandi, A. D. (2020). Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga Siswa Sekolah Dasar: Pengaruh Keterampilan Motorik (Tinggi) dan Model Pembelajaran (Kooperatif). TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 3(2), 59–65. https://doi.org/10.17509/tegar.v3i2.24513
Shoimin dan Rusman, 2014. Pembelajar kooperatif Learning. Bandung: Alfabeta
Sukmawan, A., & Sudarso. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Materi Menggiring Bola Pada Permainan Sepak Bola (Studi Pada Siswa Kelas X SMA Tanwir Surabaya). Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 01(3), 575–579. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/4684
Wahyudi, W., Budiman, D., & Saepudin, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dalam Pembelajaran Permainan Bola Besar Berorientasi Sepak Takraw untuk Meningkatkan Kerjasama dan Keterampilan Bermain. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), 1. https://doi.org/10.17509/tegar.v1i2.11732
Wildani, L., & Gazali, N. (2020). Model Kooperatif Teams Game Tournaments: Apakah dapat Meningkatkan Keterampilan Belajar Dribbling Sepakbola. Edu Sportivo, 1(1), 25–32. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(2).5637 Pendahuluan
Willy, M. (2016). Perbandingan Model Pendekatan Taktis Dan Pendekatan Tradisional Terhadap Hasil Belajar Permainan Kasti. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.17509/jpjo.v1i1.3659
Article Metrics
Abstract view : 131 times | PDF view : 31 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Reski Amelya, Sudirman Burhanuddin, Syahruddin Syahruddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
COMPETITOR IS LICENSED BY :
COMPETITOR is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
COMPETITOR EDITORIAL LOCATION :
Kampus FIK Banta Bantaeng, Jalan Wijaya Kusuma Nomor 14, Rappocini, Makassar, Postal Code 90222
COMPETITOR IS INDEXED BY