PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI, MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI

Gumilar Mulya(1*), Anggi Setia Lengkana(2),

(1) Universitas Siliwangi
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/cjpko.v12i2.13781

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah menggali informasi terkait bagaimana hubungan tingkat kepercayaan diri, motivasi belajar dengan prestasi belajar pendidikan jasmani siswa Sekolah Dasar di wilayah 1 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian menggunakan deskriptif-korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas VI di wilayah 1 Kota Tasikmalaya sebanyak 213 orang siswa sedangkan yang dijadikan sampel adalah sebanyak 32 orang siswa di ambil 15% dari total populasi. Instrument yang digunakan ialah berupa angket kepercayaan diri dan angket motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan untuk memperoleh jawaban mengenai diterima tidaknya hipotesis sesuai dengan signifikansi yang diajukan adalah: uji normalitas menggunakan liliefors, uji linieritas regresi, uji signifikansi regresi dan uji signifikansi (Uji-t). Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan statistik terhadap uji hipotesis, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa terdapat hubungan dan memberikan pengaruh besar antara kepercayaan diri, motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa Sekolah Dasar.


Keywords


Kepercayaan Diri; Motivasi belajar; Prestasi Belajar; Pendidikan Jasmani

Full Text:

PDF

References


Acharya, A. S., Prakash, A., Saxena, P., & Nigam, A. (2013). Sampling: Why and how of it. Indian Journal of Medical Specialties, 4(2), 330-333.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian.

Beauvais, A. M., Stewart, J. G., DeNisco, S., & Beauvais, J. E. (2014). Factors related to academic success among nursing students: A descriptive correlational research study. Nurse education today, 34(6), 918-923.

Chaouali, W., Souiden, N., & Ladhari, R. (2017). Explaining adoption of mobile banking with the theory of trying, general self-confidence, and cynicism. Journal of Retailing and Consumer Services, 35, 57-67.

Claridge, G., & Davis, C. (2013). Personality and psychological disorders: Routledge.

Feltz, D. L. (2007). Self-confidence and sports performance. studies, 33(41), 50-66.

Hadwin, A. F., & Webster, E. A. (2013). Calibration in goal setting: Examining the nature of judgments of confidence. Learning and Instruction, 24, 37-47.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.

Komarudin, K., & Risqi, F. (2020). Tingkat kepercayaan diri, kohesivitas, dan kecerdasan emosi siswa Kelas Khusus Olahraga cabang olahraga sepakbola. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 1-8.

Ladd, H. F., & Sorensen, L. C. (2017). Returns to teacher experience: Student achievement and motivation in middle school. Education Finance and Policy, 12(2), 241-279.

Lailiana, N. A., & Handayani, A. (2017). Motivasi Berprestasi Ditinjau dari Komitmen Terhadap Tugas Pada Mahasiswa. Paper presented at the Proceedings Education and Language International Conference.

Lengkana, A. S., & Sofa, N. S. N. (2017). Kebijakan Pendidikan Jasmani dalam Pendidikan. Jurnal Olahraga, 3(1), 1-12.

Lengkana, A. S., Tangkudung, J., & Asmawi, M. (2018). THE EFFECT OF POWER LIMBS, SPEED REACTION, FLEXIBILITY AND SELF CONFIDENCE ON THE ACHIEVEMENT OF ELITE ATHLETES ATHLETIC WEST JAVA IN THE TRACK NUMBER. JIPES-JOURNAL OF INDONESIAN PHYSICAL EDUCATION AND SPORT, 4(2), 20-25.

Muhtar, T., Supriyadi, T., Lengkana, A. S., & Hanifah, S. (2020). Religious Characters-Based Physical Education Learning in Elementary School. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(12).

Mukarromah, N. I. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Pemberian Hadiah (Reward) Pada Mata Pelajaran Fikih Materi Shalat Id Kelas Iv Mi Darul Muttaqin Ngepung Kedamean Gresik. UIN Sunan Ampel Surabaya,

Mulya, G., & Agustryani, R. (2020). Hubungan Antara Tingkat Kepercayaan Diri Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. Gladi: Jurnal Ilmu Keolahragaan, 11(01), 60-67.

Nicholson, L., Putwain, D., Connors, L., & Hornby-Atkinson, P. (2013). The key to successful achievement as an undergraduate student: confidence and realistic expectations? Studies in Higher Education, 38(2), 285-298.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

ortes, P. R. (1999). Social and psychological factors in the academic achievement of children of immigrants: A cultural history puzzle. American Educational Research Journal, 36(3), 489-507.

Putra, A. K., & Frianto, A. (2018). Pengaruh motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap kepuasan kerja. BISMA (Bisnis dan Manajemen), 6(1), 59-66.

Ramadhon, R., Jaenudin, R., & Fatimah, S. (2017). Pengaruh beasiswa terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Sriwijaya. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 4(2), 203-213.

Rink, J. (2010). Teaching physical education for learning: McGraw-Hill Higher Education Boston, MA.

Sherman, D. K., Bunyan, D. P., Creswell, J. D., & Jaremka, L. M. (2009). Psychological vulnerability and stress: The effects of self-affirmation on sympathetic nervous system responses to naturalistic stressors. Health Psychology, 28(5), 554.

Sukmadinata, S. (2005). Metode Penelitia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syam, A., & Amri, A. (2017). Pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis kaderisasi IMM terhadap prestasi belajar mahasiswa (studi kasus di program studi pendidikan biologi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah parepare). Jurnal Biotek, 5(1), 87-102.

Trevelyan, R. (2008). Optimism, overconfidence and entrepreneurial activity. Management Decision.

Vernon, P. E. (2014). Intelligence and Cultural Environment (Psychology Revivals): Routledge.


Article Metrics

Abstract view : 6823 times | PDF view : 1614 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 gumilar mulya, Anggi Setia Lengkana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

COMPETITOR IS LICENSED BY :

 Creative Commons License COMPETITOR is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


COMPETITOR EDITORIAL LOCATION :

 width= Kampus FIK Banta Bantaeng, Jalan Wijaya Kusuma Nomor 14, Rappocini, Makassar, Postal Code 90222


COMPETITOR IS INDEXED BY