Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP/MTS Berbasis Contextual Teaching And Learning (Studi pada Materi Pokok Asam, Basa, dan Garam)

Sugiarti .(1*),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v14i1.785

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA berbasis CTL pada materi pokok asam, basa, dan garam yang valid, praktis, dan efektif.  Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model Thiagarajan yang biasa disingkat dengan 4D, yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap penyebaran (Disseminate). Subjek penelitian dalam hal ini ujicoba terbatas adalah siswa kelas VII­4 MTsN Model Makassar sebanyak 37 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan instrumen penelitian. Hasil pengamatan dan angket respon siswa dianalisis secara deskriptif. Perangkat pembelajaran IPA yang dikembangkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Panduan Guru, Buku Siswa dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Validitas RPP, sebesar 3,82, Buku Panduan Guru dan Buku Siswa sebesar 3,94, dan LKS sebesar 3,98. Keseluruhan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berada dalam kategorikan valid (3,50≤X≤4,50). Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran IPA berbasis CTL layak digunakan. Kepraktisan perangkat dilihat dari pelaksanaanya yang berada dalam kategori terlaksana sepenuhnya 1,9 (). Keefektifan dilihat dari (1) respon positif dari para siswa terhadap Buku siswa sebesar 82% dan LKS sebesar 80%, (2) keseluruhan aktivitas siswa berada dalam interval waktu ideal, (3) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sebesar 3,87 berada dalam kategorikan tinggi (4,2 ≤ KG <5,0) dan (5) hasil belajar siswa menunjukkan ketuntasan klasikal 92%.

Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Perangkat Pembelajaran IPA, CTL, Model Thiagarajan.

ABSTRACT

This study is a research and development which aim to produce sains learning tools based on CTL in acid, base and salt subject matter was valid, practical and effective.  Development of learning tools using Thiagarajan’s model was commonly abbreviated to 4D, Define stage, Design stage, Develop stage, and Disseminate stage. The limited test of subject were students of VII4 MTsN Model Makassar as many as 37 students. Technique of collection data used validation sheet and research instrument. Observation and questionnaire of the students response were analyzed descriptively. The developed sains learning tools were lesson plan, teacher book, student book, and student worksheet. Validity of lesson plan is 3.82, teacher book and student book is 3.94, and student worksheet is 3.98. Overall of learning tools developed are in valid categorize (3,50  ≤  X  ≤  4,50). It shows that the sains learning tools based on CTL are suitable to use. The practically of tools viewed from its implementation which was in implemented completely category 1,9 (). The effectiveness was viewed from (1) the positive response from the students to student book is 82% and student worksheet is 80%; (2) the overall activity of the students are in the ideal time interval; (3) the ability of the teacher to manage learning in 3.87 are categorized high (4.2 ≤ KG <5.0), and (5) student achievement test showed 92% classical completeness.

Keywords: Research development, Sains learning tools, CTL, Thiagarajan’s model

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 502 times | PDF view : 99 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id