Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 2 Bantaeng

Faridha Ahriani(1*),

(1) Sekolah Menengan Kejuruan Negeri (SMKN)2 Bantaeng Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v14i1.782

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada materi pokok ikatan kimia. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain faktorial 2x3. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMK Negeri 2 Bantaeng tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 66 orang. Sampel peneltian adalah kelas XA NKPI (Nautika Kapal Penangkap Ikan) dan XB NKPI (Nautika Kapal Penangkap Ikan) dipilih secara purposive random sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan program SPSS 17.0 menggunakan analisis one way Anova, two way Anova dan Uji Tukey HSD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar kimia antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada materi pokok ikatan kimia, (2) terdapat perbedaan hasil belajar kimia antara peserta didik yang memiliki gaya belajar visual, audio dan kinestetik pada materi pokok ikatan kimia, (3) ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TGT dengan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada materi pokok ikatan kimia. Rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi daripada yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Rata-rata hasil belajar peserta didik yang memiliki gaya belajar kinestetik lebih tinggi daripada peserta didik yang memiliki gaya belajar visual dan auditorial.

Kata kunci: kooperatif, STAD, TGT, gaya belajar, hasil belajar

ABSTRACT

The aim of this study is to determine the interaction between the cooperative learning model and learning styles in influencing the learning outcomes of students in chemical bonding subject. The type of this research is a quasi experiment using 2x3 factorial design. The study populations were all of students class  X at SMK Negeri 2 Bantaeng academic year 2012-2013 as many as 66 students. Sampling was done by purposive random sampling and selected was the class XA NFV (Nautical Fishing Vessels) and XB NFV (Nautical Fishing Vessels). Hypothesis testing is performed with the SPSS 17.0 program using one way ANOVA, two way ANOVA and Tukey HSD test. Results of this study indicate that; (1) there are differences in learning outcomes between students studying chemistry taught by STAD cooperative learning model to taught by using TGT cooperative learning model in chemical bonding subject, (2) there are differences in learning outcomes between students who have learning styles on visual, audio and kinesthetic in chemical bonding, (3) there is an interaction between cooperative learning model and learning styles with in influencing learning outcomes of students in chemical bonding subject. Students who were taught by TGT cooperative learning model have a higher learning outcomes than taught by STAD cooperative learning model. Learning outcomes of students who have a kinesthetic learning style are higher than visual and auditory learning style

Keywords: Cooperative, STAD, TGT, learning style, learning outcomes

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 4408 times | PDF view : 3744 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id